Bertemu Orang Hampir Tanpa Busana di Jalan, Bilang Apa ke Anak?

Oleh Benedikta Desideria pada 06 Jun 2017, 12:00 WIB
Diperbarui 06 Jun 2017, 12:00 WIB
telanjang
Perbesar
Perempuan yang bikin heboh karena berbelanja di salah satu apotek di Lokasari, Mangga Besar, Jakarta Barat tanpa busana. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Bila suatu ketika sedang bersama anak lalu berpapasan dengan orang hampir tanpa busana seperti wanita yang berbelanja di Apotek Lokasari, Mangga Besar, Jakarta Barat, tak perlu panik. Menurut psikolog, Anna Surti Ariani, ayah atau ibu sebaiknya tenang bila anak bertanya kenapa wanita itu hampir tanpa busana.

Berikan jawaban kepada anak tentang beberapa kemungkinan alasan wanita tersebut hampir tanpa busana. Pilih alasan-alasan yang bernada positif.

"Ada yang tidak berbusana karena taruhan, ada yang karena dia stres banget sehingga dia tidak menyadari realita. Bisa juga ada yang benar-benar tidak memiliki apa-apa untuk digunakan berbusana. Kita harus tahu orang ini seperti apa," kata wanita yang akrab disapa Nina ini.

Paling penting, kata Nina, tidak melihat segala sesuatu secara negatif. Katakan saja kepada anak "oh mungkin dia tidak punya baju yang bisa dipakai". Atau kalau dia memang orang gila atau skizofrenia, kita bisa beralasan "mungkin dia tuh susah banget dalam hidupnya jadi dia enggak bisa mikir lagi, termasuk dia enggak sadar kalau lagi pakai baju tidak lengkap".

Tidak disarankan untuk memberikan jawaban bernada negatif seperti ini "hish orang itu kenapa, pasti orang gila, deh".

"Untuk memberikan jawaban kepada anak kecil, saya masih menyarankan tidak diberikan penjelasan yang terlalu negatif tentang dunianya. Kalau kita memberikan penjelasan negatif tentang dunianya anak ini justru merasa cemas, takut, tidak aman," kata Nina usai peluncuran tempat Mudik Nyaman dari SGM Bunda dan SGM Eksplor di Jakarta ditulis Selasa (6/6/2017).

Lalu, jadikan momen bertemu orang tanpa busana untuk mengedukasi anak bahwa kalau kita sebaiknya saat di tempat-tempat publik untuk berpakaian secara lengkap.

 

 

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman