Sukses

Minum Air Putih Sebelum Ujian Jika Ingin Nilai Tinggi

Studi: Anak yang minum air putih sebelum ujian peroleh nilai tinggi

Liputan6.com, Jakarta Penelitian menemukan, minum air putih dapat meningkatkan mood atau perasaan hingga fungsi kognitif manusia. Terutama bagi mereka yang hendak menjalani ujian sekolah maupun universitas.

Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Dr Caroline Edmonds dari University of East London, menemukan manfaat air dapat memberi hal positif bagi tubuh manusia secara menyeluruh. Khususnya saat ujian.

Dikutip dari inews.co.uk, Minggu (4/6/2017) Edmonds melakukan serangkaian tes memori pada 96 dewasa usia 21 dan 60 anak usia tujuh sampai sembilan. Dalam penelitiannya ia meminta responden dewasa dan anak minum air putih sebanyak 25 mililiter sampai 300 mililiter sebelum melakukan tes.

Pada orang dewasa, efek air putih dapat meningkatkan fokus dan mood mereka. Menurut Edmonds, dalam keadaan haus orang dewasa lebih mudah marah. Tapi jika tidak haus suasana hati mereka meningkat 20 persen lebih baik.

"Dalam studi kedua kami melihat peningkatan fokus anak sebesar 31 persen pada anak yang minum 25 mililiter, sementara pada dewasa hanya meningkat 12 persen," kata Edmonds dan tim.

Penelitian sebelumnya juga menemukan efek air putih yang diminum sebelum ujian meningkatkan hasil ujian menjadi lima persen lebih tinggi, dibandingkan mereka yang tidak minum air putih sama sekali.

Mulai sekarang jangan lupa minum air putih, ya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini