Buah dan Sayur Beku Ini Praktis untuk Menu Sahur Anda

Oleh Bella Jufita Putri pada 02 Jun 2017, 08:00 WIB
20150724-Terganggu Dengan Gigi Kuning? Ini 6 Buah yang Bisa Memutihkan Gigi 1

Liputan6.com, Jakarta Meski buah dan sayuran kaleng lebih praktis untuk digunakan sebagai bahan makanan untuk sahur, rupanya ada sebagian jenis buah dan sayuran segar yang bisa dibekukan tanpa harus menggunakan bahan pengawet.

Selain praktis dan alami, buah dan sayuran yang bisa dibekukan ini juga dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh selama menjalankan puasa Ramadan. Melansir laman HGTV, Jumat (2/6/2017) berikut macam buah dan sayuran yang aman untuk dibekukan tanpa harus menggunakan bahan pengawet.

1. Tomat

Untuk membekukan tomat Anda harus memotongnya seperti dadu. Dengan potongan dadu akan lebih mudah ketika hendak mencairkannya.

2. Bayam

Bayam akan bertahan selama 14 bulan jika dibekukan. Untuk menjaga nutrisi dari bayam dan menghindari kepucatan, rendam bayam di air mendidih sebelum membekukannya.

3. Jagung

Untuk membekukan jagung Anda dapat merebusnya terlebih dahulu. Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa jagung telah beku dengan matang.

4. Stroberi

Buah ini adalah salah satu buah yang paling efektif untuk dibekukan. Bahkan stroberi mampu bertahan sampai satu tahun setelah dibekukan. Tetapi lebih baik mengonsumsi stroberi beku sebelum melewati enam bulan.

5. Avokad

Daging dari buah yang memiliki tekstur super lembut ini tetap dapat dibekukan, tapi Anda perlu menggunakan kantong yang lebih besar untuk menjaga keamanan avokad selama dalam freezer. Jangan lupa juga untuk menambahkan lemon atau jeruk nipis sedikit untuk mencegah daging buah avokad berubah warna menjadi kecokelatan.

6. Peach

Buah berwarna oranye ini aman jika dibekukan, tapi Anda wajib untuk mengiris kulitnya untuk mempermudah saat ingin dicairkan.