Sukses

Bunga Citra Lestari: Tidak Adil Menuduh Semua Anak Jalanan Malas

Dulu, Bunga Citra Lestari memang enggan memberikan uang ke anak jalanan karena bakal membuat anak itu jadi pemalas. Namun, semuanya berubah.

Liputan6.com, Jakarta Bunga Citra Lestari pernah menjadi orang yang "pelit" memberikan uang ke anak jalanan. Dengan memberikan uang hanya membuat mereka jadi anak malas, kata Unge. Dan, satu-satunya cara meniadakan keberadaan anak-anak jalanan itu dengan tidak memanjakan mereka. 

Namun, semua pandangan terhadap anak jalanan berubah setelah Bunga Citra Lestari terlibat sebuah film berjudul Surat Kecil untuk Tuhan. Di film ini dia berperan sebagai Angle. Seorang anak jalanan yang diadopsi oleh orang kaya, yang pada akhirnya mengubah hidupnya. Angle yang dulu susah, tumbuh dewasa menjadi pengacara sukses. 

Di Film Surat Kecil untuk Tuhan, Bunga Citra Lestari Berperan Sebagai Angle. Pengacara Sukses yang Semasa Kecilnya Adalah Seorang Anak Jalanan (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Kemudian, ada satu adegan di mana Angle mau memberikan uang ke anak jalanan. Di saat yang bersamaan, sang supir melarang Angle melakukan itu karena memberikan uang sama saja dengan menambah jumlah mereka. Padahal, semua itu Angle lakukan karena dia pernah berada di posisi yang sama dengan anak jalanan itu.

"Dari situ akhirnya aku sadar, tidak fair menuduh mereka malas. Memang, ada anak jalanan yang pemalas, tapi tidak berarti kita mengkotakan mereka begitu saja," kata BCL saat berkunjung ke Redaksi Liputan6.com, Selasa, 30 Mei 2017.

Menurut BCL, orang-orang yang berada di mobil tidak pernah tahu nasib dari anak jalanan itu yang sesungguhnya. Bisa jadi anak jalanan itu senasib dengan karakter Angle dan Anton, yang ditinggal orangtuanya sejak masih kecil. Sehingga mereka tidak tahu mesti bagaimana.

"Saya jadi punya perspektif (pandangan) yang berbeda dari orang-orang yang selama ini berada di dalam mobil. Siapa sih yang senang minta-minta? Sebab, ada juga pengemis atau jalanan yang sebenarnya tidak mau minta-minta. Namun, karena mereka tidak tahu mesti bagaimana lagi untuk memenuhi hidupnya dan untuk makan, minta-minta adalah jalan yang mereka pilih," kata Bunga Citra Lestari.

Akan tetapi tidak berarti mengubah BCL menjadi sosok "dermawan". Ibu dari Noah ini tetap menggunakan perasaannya, apakah anak jalanan yang bakal dia berikan uang memang pantas untuk dibantu. 

"Kalau kata hati aku anak ini memang pantas untuk dibantu, akan kubantu. Kalau aku merasa feelingnya nggak enak dan merasa nggak bagus, maka aku nggak akan kasih," kata Bunga Citra Lestari menekankan.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.