Sukses

Cegah Mata Perih Akibat Terus Menatap Layar Ponsel

Anda bisa mencegah gejala mata perih akibat terus menatap layar ponsel dengan beberapa hal berikut

Liputan6.com, Jakarta Meski tidak ada bukti bahwa menatap layar ponsel menyebabkan masalah mata kronis, namun dalam jangka pendek hal ini bisa memicu mata kering, sakit kepala serta tekanan pada mata.

Seorang profesor oftalmologi di Universitas Pennsylvania Perelman School of Medicine, Dr. Joshua Dunaief mengatakan cahaya biru yang keluar dari ponsel bisa jadi merupakan pemicunya. Untuk itu Anda bisa mencegah gejala sakit mata dengan beberapa hal berikut:

1. Mengatur mode pengaturan cahaya

"Saya sarankan untuk menurunkan level cahaya. Sebab tidak ada gunanya bila layar terlalu terang. Anda juga bisa membalikkan warna di layar sehingga latar belakang putih menjadi hitam, dan teks hitam menjadi putih. Hal ini dapat mengurangi pekerjaan bola mata," ujar Dunaief, seperti dikutip Times, Kamis (25/5/2017).

Jika tampilan negatif foto bukanlah hal yang Anda inginkan, Dunaief menyarankan untuk mengubah skema warna layar Anda dari biru dan ke arah spektrum yang kuning.

"Ada molekul dari cahaya biru di retina yang membantu mengatur ritme sirkadian tubuh kita," ia menjelaskan.

Beberapa penelitian menemukan, paparan sinar biru pada ponsel di malam hari dapat menyebabkan insomnia. Penelitian lain juga menunjukkan, sinar biru dapat merusak retina mata.

2. Menjaga posisi layar

Sebuah studi baru-baru menemukan jarak ideal menatap layar ponsel. Sebaiknya, posisi layar Anda tidak lebih 16 inci dari wajah Anda. Jika Anda merasa sulit untuk membaca pada jarak itu, tingkatkan ukuran teks pada layar Anda.

3. Menyesuaikan kacamata atau lensa kontak

Seorang anggota fakultas penelitian pascasarjana di Universitas Negeri Kolese Optometri New York, Mark Rosenfield, menekankan pentingnya menyesuaikan kacamata atau resep lensa kontak untuk melihat layar ponsel atau komputer.

4. Istirahatkan mata dengan aturan 20-20-20

Anda perlu beristirahat sejenak untuk memberi waktu bagi mata saat menatap ponsel terus menerus. Untuk mencegah mata kering dan perih, Rosenfield menyarankan aturan 20-20-20 (Setiap 20 menit, lihatlah sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini