Sukses

Minum Segelas Wine Sehari Berisiko Kanker Payudara

Pertimbangkan kembali untuk minum wine dalam sehari karena bisa berisiko kanker payudara.

Liputan6.com, Amerika Serikat Temuan studi terbaru dari American Institute for Cancer Research dan World Cancer Research Fund, minum satu gelas wine sehari berisiko menyebabkan kanker payudara pada wanita.

Dr Anne McTiernan, ahli pencegahan kanker di Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, Amerika Serikat dan timnya meneliti efek gaya hidup minum wine terhadap risiko kanker.

Mereka menganalisis sebanyak 12 juta wanita dan 260 ribu kasus kanker payudara. Dari 260 ribu kasus tersebut, penyebab terjadinya kanker payudara diindikasikan akibat pengaruh gaya hidup minum wine, ditulis dari Patch, Rabu (24/5/2017).

Wanita yang minum satu gelas wine sehari berisiko besar terkena kanker payudara sebelum menopause (5 persen). Selanjutnya, potensi kanker payudara stadium lanjut setelah menopause akibat minum wine naik sebesar 9 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat

National Cancer Institute mencatat, sekitar 1 dari 8 perempuan kemungkinan didiagnosis menderita kanker payudara pada suatu waktu, selama hidupnya.

Untuk mencegah risiko kanker payudara akibat minum wine, dr McTiernan menyarankan, wanita perlu menjaga berat badan yang sehat sepanjang hidup dan membatasi konsumsi wine serta minuman beralkohol lainnya.

Kepala nutrisi di American Institute for Cancer Research, Alice Binder juga menyarankan, wanita perlu lebih banyak makan sayuran, seperti wortel, paprika atau salad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini