Sukses

Terus Belajar Hal Baru Bisa Tunda Pikun

Pikun, salah satu kondisi yang mengintai orang lanjut usia dapat dicegah dengan terus belajar baru.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang tak diinginkan saat lanjut usia adalah pikun. Salah satu cara mencegah pikun dengan terus belajar hal baru. Demikian yang disampaikan dokter spesialis geriatri (ilmu yang mendalami mengenai kesehatan dan penyakit lanjut usia) dari RSCM Jakarta, Siti Setiati.

"Belajar itu memperlambat demensia, pikun. Jangan pernah berhenti belajar, terus belajar hal-hal baru," kata wanita yang akrab disapa dokter Ati dalam diskusi bersama Philips jelang hari lanjut usia di Jakarta pada Jumat (19/5/2017).

Belajar pun tak harus yang berbau akademis, kata dokter Ati. Bisa belajar hal yang formal maupun informal.

"Misalnya belajar bahasa baru, belajar masak, nari juga bisa. Jadi enggak harus belajar formal, tapi perlu juga informal," kata Ati menekankan.

Namun, belajar hal baru saja tidak cukup. Menurut dia faktor gaya hidup punya peran amat besar memperlambat lansia pikun.

Di antaranya dengan menjaga berat badan ideal, mengatur asupan makan seimbang, berolahraga setiap hari, meningkatkan iman dan takwa, dan mengecek kesehatan secara teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini