Susu Formula Sudah Telanjur Dibuat, Boleh Disimpan di Kulkas?

Oleh Aditya Eka Prawira pada 16 Mei 2017, 07:36 WIB
Diperbarui 16 Mei 2017, 07:36 WIB
Susu formula
Perbesar
Bila anak ternyata tidak mau minum susu tapi susu formula terlanjur dibuat, sebaiknya tidak disimpan di kulkas lama-lama.

Liputan6.com, Jakarta Susu formula bayi yang sudah telanjur dibuat sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Harus segera dihabiskan demi mencegah tumbuhnya bakteri.

Dr Suci Dwi Putri dari situs Klik Dokter mengatakan susu adalah makanan (dalam bentuk minuman) yang mengandung gizi seimbang. Bila tidak segera dihabiskan dalam sekali minum, bakteri bisa tumbuh subur.

"Bila karena satu dan lain hal susu tidak dapat langsung dihabiskan, masih dapat disimpan di suhu ruang," kata Suci dikutip pada Selasa (16/5/2017).

Selanjutnya, susu tidak boleh disimpan lebih dari dua jam dan harus dalam keadaan tertutup. Waktu penyimpanan susu formula di dalam kulkas, tidak boleh lebih dari 24 jam. Susu tidak boleh pula diletakkan dalam wadah yang sama dengan tempat sayur, buah, dan makanan lainnya.

"Sebelum diberikan kepada si kecil, susu yang disimpan di kulkas sebaiknya dipanaskan dalam wadah mangkuk atau baskom yang diberi air panas," kata dia.