Sukses

4 Faktor yang Sebabkan Warna Urine Gelap

Ada banyak faktor yang menyebabkan urine jadi menggelap seperti dehidrasi hingga batu ginjal.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak faktor yang menyebabkan urine jadi gelap seperti dehidrasi hingga batu ginjal. Tapi sebelum Anda menerka sendiri, simak penjelasannya berikut ini.

Seperti dilansir laman Boldsky, Rabu (10/5/2017) dehidrasi menjadi faktor utama dari warna urine yang berwarna gelap. Biasanya kondisi ini juga ditandai dengan mulut yang kering, kelelahan, dan sakit kepala. Untuk mengatasinya, minum banyak air dan jus buah dapat bantu menormalkan kembali urine Anda.

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan urine jadi menggelap.

Faktor 1

Usai mengonsumsi blackberry, bit, kacang, dan wortel bisa mengubah warna urine jadi lebih gelap.

Faktor 2

Efek dari antibiotik dan obat pencahar juga dapat mempengaruhi warna urine. Termasuk jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin B, air kencing bisa berubah lebih terang.

Faktor 3

Urine berwarna gelap juga bisa disebabkan oleh masalah lever. Hepatitis, sirosis dan beberapa masalah lever lainnya dapat menyebabkan perubahan warna. Konsultasikan dengan dokter segera untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang baik

Faktor 4

Batu empedu bisa menjadi salah satu alasan urine berubah warna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini