Sukses

Hipnoterapi, Seni Menemukan dan Mengatasi Masalah

Hipnoterapi itu seperti acara di TV yang bikin orang hilang kesadaran, lalu bicara nyerocos tanpa rasa malu? Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Hipnoterapi itu seperti acara di TV yang bikin orang hilang kesadaran, lalu bicara nyerocos tanpa rasa malu? Bukan! Itu adalah hiburan yang dipersiapkan dan dikemas sedemikian rupa, sehingga menjadi tontonan menarik.

Hipnoterapi adalah cara membuat orang lupa ingatan sehingga uang di bank, arloji, perhiasan dan harta benda lain bisa pindah tangan tanpa disadari oleh pemiliknya? Bukan! Itu adalah praktek penipuan menggunakan teknik gendam.

Jadi, apa itu hipnoterapi?
Hipnoterapi adalah terapi menggunakan hipnosis. Adapun hipnosis adalah teknik yang dapat membawa klien secara cepat dan efektif masuk ke dalam kondisi rileksasi yang sangat dalam; seperti tidur tapi tetap dapat diajak berkomunikasi. Kondisi rileks sangat dalam itu diperlukan untuk menemukan sumber atau akar masalah. Setelah ditemukan, barulah masalah tersebut diatasi atau diselesaikan.

Hipnoterapis itu seperti navigator yang membantu klien menemukan alamat, sedangkan klien adalah pengemudi yang berkepentingan untuk mencapai tujuan. Dengan demikian kendali atau kontrol pikiran dan tubuh klien selama terapi ada pada klien sendiri, karena dialah yang memegang setir. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengapa Perlu Hipnoterapi?

Pikiran manusia ada dua jenis, yaitu pikiran sadar (conscious mind) dan pikiran bawah sadar (subconscious mind). Ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa pikiran bawah sadar merupakan faktor sangat dominan yang mempengaruhi bahkan menentukan kehidupan seseorang.

Mayoritas (lebih dari 90 persen) persoalan hidup mulai dari pengambilan keputusan, gangguan kesehatan, gangguan perilaku, kebiasaan buruk, pola hidup yang salah dan lain-lain; maupun kesuksesan, kebahagiaan, kedamaian yang dialami seseorang; sangat dipengaruhi bahkan ditentukan oleh emosi dan atau program pikiran yang tersimpan di bawah sadar. Hipnoterapi merupakan teknik terapi yang dapat menjangkau pikiran bawah sadar.

Pikiran bawah sadar inilah yang menuntun hidup kita ke arah yang benar maupun salah, membimbing kita menuju kesuksesan ataupun kegagalan. Namun kebanyakan kita tidak menyadarinya, karena emosi dan program itu letaknya di pikiran bawah sadar.

Itulah maka kita menyaksikan, atau bahkan mengalami sendiri, betapa banyak orang yang mencoba menemukan kebahagiaan, kepuasan, ketenangan dan kedamaian sampai ke ujung dunia. Mereka mengira semua yang diharapkan itu adanya di luar sana. Padahal sesungguhnya apa yang mereka cari itu ada di dalam diri mereka sendiri; yaitu di pikiran bawah sadar.

Mengenali cara kerja dan kekuatan pikiran bawah sadar merupakan cara cerdas untuk memudahkan dan meningkatkan kualitas hidup kita ke level yang lebih tinggi. Kita dapat meraih cita-cita di bidang kesehatan, bisnis, karier, ekonomi, percintaan, sosial, spiritual, relasional, pengembangan diri dan lain-lain, termasuk menemukan jodoh, memiliki anak, dan sebagainya.

Yang jelas, dunia pikiran adalah dunia tanpa batas. Makin kita mengenalnya makin terbuka jalan kita menggapai impian, dan makin tunduk patuh kita terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.


Salam kasih.

 

Widya Saraswati, sudah lama berkecimpung di bidang kesehatan. Pernah menjadi Pemimpin Redaksi sebuah media kesehatan di bawah grup Kompas Gramedia. Dia juga dosen Komunikasi di Institut Kesenian Jakarta. Saat ini aktif sebagai hipnoterapis klinis bergelar CCH (Certified Clinical Hypnotherapist) dari Adi W Gunawan Institute of Mind Technology. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini