Sukses

6 Penyebab Mimpi Buruk yang Tidak Anda Sadari

Pernah mengalami mimpi buruk? Sadarkah Anda bahwa sejumlah hal yang tidak Anda sadari ini adalah penyebab terjadinya mimpi buruk tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Mengalami mimpi buruk bukanlah keinginan setiap orang. Penyebab terjadinya mimpi buruk pun dapat bermacam-macam. Dikutip dari situs Huffington Post, Senin (27/3/2017) berikut ini merupakan hal-hal yang kita tidak sadari ternyata dapat berpotensi menyebabkan mimpi buruk.

1. Pengalaman

Mimpi bisa tercermin dari aspek bagaimana kita hidup. Apa yang kita lakukan sehari-hari dan selalu berulang bisa juga terjadi pada mimpi.

Namun yang perlu Anda ketahui adalah mimpi bisa berkaitan erat dengan pengalaman dan memori.

Pengalamaan ataupun hal negatif yang pernah terjadi dapat kemudian terulang saat tertidur. Termasuk trauma, penelitian menyebutkan orang-orang yang mengalami trauma lebih sering mengalami mimpi buruk.

2. Cemas dan Stres

Banyak peneliti yang sudah meyebutkan bahwa pikiran cemas dan stres merupakan penyebab utama terjadinya mimpi buruk. Kondisi ini dapat memengaruhi pada tidur yang cukup termasuk memicu terjadinya mimpi buruk sebesar 52 persen sampai dengan 96 persen.

Hal ini kerap terjadi pada atlet yang mengalami stress karena esoknya mengikuti kegiatan besar. Kemudian para pelajar juga sering mengalami mimpi buruk saat mendekati masa-masa ujian.

3. Media

Menonton film seram sampai dengan berita yang mengerikan dapat menimbulkan mimpi buruk. Sebuah studi menyebutkan 90 persen dapat menimbulkan kembali ingatan yang mungkin mengerikan dalam teve, film, dan media lainnya ketika tidur.

4. Depresi

Penelitian membuktikan bahwa depresi dan pemikiran yang buruk terhadap diri sendiri dapat meningkatkan insiden terjadinya mimpi buruk. Penelitian dari Finnish menyebutkan faktor penyebab orang-orang mengalami mimpi buruk karena depresi mencapai 28 persen.

5. Lingkungan

Tempat kita tidur merupakan hal yang sangat berpengaruh pada kualitas tidur, terutama suhu ruangan dan kenyamanan. Bahkan wewangian tertentu, mempunyai peran dalam mengatur kualitas tidur termasuk pada mimpi.

6.Kepribadian

Sebuah studi menemukan beberapa orang dewasa dengan karakter yang bersifat curiga dan sering mengasingkan diri lebih banyak mengalami mimpi buruk yang bersifat kronis.

7.Makan sebelum tidur

Kandungan kabohidrat yang mungkin dikonsumsi sebelum tidur dapat meningkatkan aktivitas pada otak serta metabolisme pada tubuh yang berakibat pada terganggunya mimpi. Sehingga muncullah mimpi buruk.

Reporter: Aida Tifany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mimpi buruk atau nightmares adalah mimpi yang mengganggu dan terasa nyata. Anda dapat terbangun dari tidur nyenyak dengan rasa takut

    Mimpi Buruk

Video Terkini