Sukses

Jangan Buang Kulit Pisang, Ini 7 Kegunaanya yang Perlu Anda Tahu

Namun tak cuma buah dagingnya yang bisa dimanfaatkan, kulit buah pisang juga kaya manfaat.

Liputan6.com, Jakarta Pisang si buah tropis disukai banyak orang. Namun tak cuma buah dagingnya yang bisa dimanfaatkan, kulit buah pisang juga kaya manfaat.

Kelompok advokasi lingkungan Sustainable America menyatakan paling tidak ada tujuh hal yang bisa kita manfaatkan dari kulit pisang. Jadi jangan asal buang ya, lebih baik manfaatkan seperti mengutip Medical Daily, Rabu (15/3/2017) ini.

1. Menyuburkan tanaman tomat

Letakkan kulit buah pisang di sekitar tanaman tomat. Sehingga nutrisi dari kulit pisang bisa segera terserap.

2. Sebagai kompos
Kulit pisang mudah dan cepat terurai. Sehingga bisa dijadikan kompos bagi tanaman sayur atau kembang di taman.

3. Redakan ruam dan gatal

Usai digigit serangga atau kulit gatal, oleskan kulit pisang pada bagian tersebut. Sehingga bisa meredakan rasa gatal atau ruam.

4. Pakan hewan

Usai makan pisang, kulitnya jangan dibuang ke tempat sampah, tapi lebih baik berikan ke hewan. Ayam, kelinci, dan hewan ternak lainnya senang makan kulit pisang.

5. Melunakkan daging

Masukkan kulit pisang yang sudah bersih ke dalam panci saat memasak daging, Kulit pisang bermanfaat dalam melunakkan daging.

6. Membersihkan sepatu kulit dan perak

Kulit pisang juga mbermanfaatan untuk membersihkan sepatu kulit. Caranya, tambahkan air pada kulit pisang lalu usapkan pada sepatu untuk membuatnya lebih mengilap.

7. Menarik hati burung

Saat ingin melihat burung-burung hadir lebih dekat, coba biarkan kulit buah pisang di dekat Anda. Tak lama, burung akan datang untuk memakannya, tapi waspada juga ya akan kehadiran lebah juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini