Sukses

Manfaat Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Penelitian terbaru menemukan, mandi air hangat sebelum tidur juga dapat membantu Anda tertidur lelap

Liputan6.com, Jakarta Mandi air hangat tak hanya dapat melancarkan peredaran darah, membangkitkan pikiran dan meningkatkan kreativitas. Penelitian terbaru menemukan, mandi air hangat sebelum tidur juga dapat membantu Anda tertidur lelap.

Dr. Dianna Augelli dari the Center for Sleep Medicine at NewYork-Presbyterian/Weill Cornell Medical Center bahkan telah menerapkan penelitian ini untuk menjadi kebiasaannya juga.

"Ada beberapa alasan sebenarnya. Pertama, membuat tubuh lebih rileks. Kedua, suhu dingin setelahnya memberitahu kita untuk pergi tidur," katanya, seperti dilansir Womenshealth, Minggu (12/3/2017).

Dianna mengatakan, mandi air hangat yang paling efektif dilakukan 90 menit sebelum tidur. "Pada saat itu, tubuh Anda dapat mengatur ritme dasar sirkadian yang memberikan sinyal pada tubuh untuk mengantuk."

"Tepat setelah mandi, Anda akan merasa lebih waspada dan aktif dan mungkin kreatif, tapi dengan berjalannya waktu, Anda akan mulai mengantuk dan tidur. Plus, bantal juga tidak lagi basah," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.