Sukses

6 Makanan Ini Diam-Diam Bikin Ngantuk

Pernahkah Anda merasa lelah atau merasa ngantuk setelah makan? Jika ya, mungkin makanan ini penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa lelah atau merasa ngantuk, padahal sudah tidur malam yang cukup selama tujuh hingga delapan jam? Jika ya, apa penyebabnya?

Ternyata, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa makanan yang Anda konsumsi saat sarapan. Karena sebenarnya beberapa makanan tersebut mengandung zat-zat yang dapat membuat Anda mengantuk, sehingga kurang cocok untuk dikonsumsi di pagi hari. Apa saja makanan-makan tersebut?

Berikut ini adalah enam makanan yang diam-diam membuat Anda lelah atau mengantuk saat sedang melakukan rutinitas keseharian Anda, seperti dilansir dari Purewow, Sabtu (11/3/2017):

1. Oatmeal

Ternyata, menu sarapan klasik ini dapat memicu tubuh Anda untuk memproduksi melatonin yang memicu tubuh untuk tidur. Makanan ini juga kaya akan karbohidrat dan vitamin B6 yang membuat Anda cepat kenyang, sehingga membuat tubuh mudah lelah. Jadi, jika Anda senang mengonsumsi oatmeal saat sarapan, lebih baik sertai juga dengan beberapa lemak sehat dan protein untuk mengimbangi efek tersebut.

2. Pisang

Buah ini kaya akan kalium serta kadar magnesium yang tinggi, sehingga memberitahu otot dan sistem saraf Anda untuk relaks.

3. Kacang

Kacang seperti almond dan mete ternyata juga mengandung magnesium yang tinggi yang membuat tubuh merasa lelah.

4. Makanan berbasis susu

Makanan atau minuman berbasis susu mengandung kalsium dan triptofan yang dapat membuat Anda merasa seperti mengantuk dan lesu. Jadi lebih cocok sebenarnya untuk dikonsumsi beberapa jam sebelum Anda tidur.

5. Kue pretzel

Kue ini terbuat dari kerbohidrat olahan, karena segala jenis makanan yang awalnya terbuat dari tepung putih dapat membuat gula darah Anda meningkat dengan cepat, dan kemudian turun secara cepat juga. Sehingga kondisi ini dapat membuat Anda tiba-tiba merasa lelah nantinya.

6. Burger

Jika Anda mengonsumsi makanan ini saat sarapan, maka tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mencerna daging merah yang ada di dalamnya. Namun karena burger juga mengandung jumlah garam yang tinggi, maka proses mencerna tersebut jadi lebih melambat. Lalu ketika semua makanan tersebut akhirnya tercerna, nantinya Anda dapat merasa lelah dan mengantuk akibat tubuh bekerja lebih keras dari biasanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini