Sukses

Kekurangan Vitamin Bisa Dilihat dari Kondisi Wajah Anda

Gejala kekurangan vitamin terkadang tercermin pada kondisi tubuh kita.

Liputan6.com, Jakarta Vitamin diperlukan tubuh untuk proses metabolisme dan menjaga daya tahan dari serangan penyakit. Masing-masing vitamin memiliki fungsi khusus yang berbeda-beda.

Vitamin B12 misalnya, diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah dan pembelahan sel. Individu yang kekurangan vitamin ini mudah terserang anemia dan cepat merasa lelah.

Gejala kekurangan vitamin terkadang tercermin pada kondisi tubuh kita. Berikut tanda Anda kekurangan vitamin tertentu yang bisa dilihat dari kondisi wajah, dilansir dari laman Brightside, Kamis (9/3/2017):

Kulit terlalu pucat

Bila kulit Anda terlalu pucat dibandingkan biasanya, ini bisa jadi tanda bahwa Anda kekurangan vitamin B12. Tanpa asupan B12 yang cukup, tubuh cenderung mudah lemas dan lelah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut seperti daging dan hidangan laut.

Rambut kering

Kondisi rambut kering, mudah patah, dan cenderung berketombe adalah tanda Anda kekurangan biotin atau vitamin B7. Biasanya masalah ini terkait dengan penggunaan antibiotik.

Anda bisa mulai mengonsumsi daging, ikan, sayuran, buah, dan jamur lebih sering untuk meningkatkan kadar vitamin B7 dalam tubuh. Bila Anda diet, tak sebaiknya hentikan diet untuk sementara waktu.

Mata sembap

Bila mata Anda tampak sembap, demikian juga di sekitar tungkai kaki, maka kemungkinan besar Anda kurang iodium (iodine).

Bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa menggunakan garam beryodium atau mengonsumsi makanan laut seperti lobster, udang, dan rumput laut), produk olahan susu, hingga roti.

Bibir pucat

Bibir yang berwarna pucat merupakan pertanda pemiliknya kekurangan iron (zat besi). Tekanan arteri yang rendah serta sering pilek juga merupakan bagian dari gejala kurang zat besi.

Anda perlu mengonsumsi lebih banyak daging merah dan menghindari makanan dengan kandungan tinggi kalsium untuk mengatasinya.

Gusi berdarah

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan gusi berdarah. Kondisi ini juga berisiko melemahnya daya tahan tubuh, nyeri otot, dan masalah gigi.

Vitamin C bisa didapat dari buah-buahan jenis sitrus dan cabai merah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini