Sukses

Rasakan Manfaat Kesehatan Posisi Tidur Menghadap ke Sebelah Kiri

Posisi tidur menentukan seberapa efektif tubuh membuang racun serta menjadi prima kembali keesokan harinya.

Liputan6.com, Jakarta Posisi tidur adalah suatu hal yang tidak boleh disepelekan. Sebab, posisi menentukan seberapa banyak racun yang dikeluarkan dari tubuh dan mengukur cukup atau tidaknya tenaga yang terkumpulkan untuk membuat tubuh terasa bugar dan tampil prima keesokan harinya.

Ada beberapa posisi tidur yang kerap menjadi andalan semua orang. Di antaranya adalah posisi telentang, tengkurap, menghadap ke kiri dan menghadap ke kanan. Semua posisi memiliki pengaruh masing-masing terhadap kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Telentang

Sebelumnya penelitian mengungkap posisi tidur terbaik adalah telentang. Posisi ini sangat dianjurkan untuk memelihara bentuk postur tubuh proporsional serta untuk membantu mencegah timbulnya kerutan di wajah akibat tekanan dari bantal yang biasanya dijadikan penopang kepala dalam posisi tidur lainnya. Namun tidak bisa dimungkiri bahwa posisi ini memiliki beberapa kekurangan, seperti memungkinkan seseorang mendengkur selama tidur atau menderita apnea. Kedua hal ini tentunya menjadi pertanda kualitas tidur yang buruk.

3 dari 5 halaman

Tengkurap

Posisi ini memang membantu mencegah seseorang mendengkur saat tidur atau menderita apnea. Akan tetapi, mereka yang tidur dalam posisi tengkurap umumnya akan menghadapkan kepalanya ke samping kanan atau kiri sesuai keinginannya. Sebab, mereka akan kesulitan bernapas jika menghadap ke depan dan tertutup oleh bantal. Menghadapkan kepala ke kiri atau ke kanan semalaman tentunya akan menimbulkan rasa nyeri dan pegal pada leher dan punggung.

4 dari 5 halaman

Menghadap kiri

Posisi tidur menghadap ke sebelah kiri dinilai paling menguntungkan bagi kesehatan. Posisi ini membantu melancarkan sirkulasi darah ke jantung, mencegah penumpukan zat atau hormon tak berguna dalam otak yang bisa sebabkan alzheimer, mengurangi tekanan pada bagian liver serta mengurangi kecenderungan mengalami gastritis atau perut kembung total terisi angin. Sisi kiri tubuh diyakini sebagai sisi limfatik yang dominan menyaring racun melalui saluran toraks dan kelenjar getah bening. Sistem pencernaan akan berfungsi dengan kapasitas yang luar biasa, menyerap banyak nutrisi sekaligus menyingkirkan racun keluar dari tubuh.


5 dari 5 halaman

Menghadap kanan

Posisi tidur menghadap kanan justru memiliki efek sebaliknya.Posisi ini memperlambat kinerja sistem limfatik tubuh serta membuat proses eliminasi racun dari saluran getah bening kurang efektif, sehingga racun kemungkinan besar menetap dalam tubuh. Hal ini memungkinkan timbulnya penyakit-penyakit tertentu mulai dari yang skala kecil hingga kronis.

Demikian informasi yang dikutip dari Live Science, Selasa (7/3/2017).



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini