Sukses

Lidah Buaya, Bahan Murah Meriah untuk Obati Panu

Munculnya panu di permukaan kulit tentu menganggu penamilan dan bahaya untuk kesehatan kulit jika tak segera ditangani.

Liputan6.com, Jakarta Munculnya panu di permukaan kulit tentu menganggu penampilan dan bahaya untuk kesehatan kulit jika tak segera ditangani. Penyakit kulit yang berasal dari infeksi jamur dengan rupa yang tak sedap dipandang ini rupanya dapat diobati dengan bahan alami seperti lidah buaya.

Lidah buaya yang mengandung 75 jenis nutrisi dan 200 senyawa aktif seperti vitamin, enzim, asam amino, dan asam salisilat ini berguna untuk mengobati panu. Penelitian telah menunjukkan lidah buaya efektif mengobati berbagai kondisi kulit yang juga mampu bekerja untuk melembabkan kulit bersisik dan kulit kering.

Selain lidah buaya, seperti dikutip Tinea Versicure, Kamis (23/2/2017) soda kue atau yang dikenal dengan baking soda juga mampu mengalahkan panu yang duduk di permukaan kulit Anda. Sifat antasida dari baking soda ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga dapat bekerja efektif melawan infeksi jamur yang menyebabkan panu.

Melansir WebMd, jika kondisi panu sudah berada pada tingkat yang melebar, pengobatan medis sangat dianjurkan. Penggunaan obat topikal anti-jamur dalam bentuk krim atau sabun dapat menjaga pertumbuhan ragi pada daerah panu. Selain itu, penggunaan pil anti-jamur untuk kasus yang lebih serius juga akan membantu pengobatan panu dari infeksi.

Namun, penggunaan obat-obatan panu tersebut hanya bisa didapatkan dengan resep dokter dan mereka memiliki efek samping yang perlu Anda ketahui lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini