Sukses

Punya Ide Unik tentang Inovasi Kesehatan? Ikuti Ajang IndoHCF

Indonesia Healtcare Forum (IndoHCF) menggagas sebuah ajang lomba dan pemberian penghargaan di bidang kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Healtcare Forum (IndoHCF) menggagas sebuah ajang lomba dan pemberian penghargaan khusus kepada individu, institusi, atau kelompok yang telah menerapkan atau melakukan inovasi di bidang kesehatan.

Hal ini didasari oleh kemajuan teknologi khususnya di bidang kesehatan dari tahun ke tahun yang terus berkembang. 

Ketua umum IndoHCF, Dr. dr. Supriyantoro, SpS, MARS, IndoHCF Innovation Awards 2017 mengatakan, ini merupakan acara perdana sekaligus wadah yang menampung seluruh inovasi dan ide program kesehatan juga alat kesehatan.

"Semua peserta akan kami link-kan dengan industri-industri kesehatan yang ada, kami akan menjembatani itu. Karena selama ini banyak ide dan inovasi, tapi tak terealisasi karena tidak ada yang memproduksinya dan kami ingin mewadahi itu juga," kata Supriyantoro dalam Press Conference INDOHCF Innovation Award 2017: apresiasi peran masyarakat dalam mewujudkan Indonesia sehat, di Gran Melia, Kamis (23/2/2017).

Berikut kategori penghargaan yang akan diberikan IndoHCF:

- SPGDT Pra-RS, yaitu pemberian penghargaan kepada Pemda Kabupaten/Kota yang melakukan inovasi dalam pengembangan / penguatan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu mulai dari lokasi kejadian sampai dengan dibawa ke rumah sakit. Bertujuan untuk mendukung percepatan integrasi SPGDT Pra-RS di suatu daerah.

- Program Kesehatan Ibu & Anak, yaitu pemberian penghargaan kepada Pemda Kabupaten/Kota yang melakukan inovasi dalam upaya peningkatan kesehatan Ibu dan Anak yang sudah diimplementasikan dan dapat diukur keberhasilannya. Bertujuan untuk percepatan tercapainya peningkatan kesehatan Ibu & Anak khususnya dalam upaya menurunkan angka stunting, morbiditas dan mortalitas.

- Inovasi/temuan Teknologi Alat Kesehatan, yaitu pemberian penghargaan kepada individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi / temuan di bidang alat kesehatan yang tepat guna dan berdaya guna. Bertujuan untuk mendorong peningkatan produksi alat kesehatan dalam negeri yang berkualitas.

- Inovasi/temuan di bidang e-health, yaitu pemberian penghargaan kepada individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi / temuan ICT (Information & Communication Technology) di bidang kesehatan. Bertujuan untuk mendorong pengembangan ICT di bidang kesehatan baik dalam upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

- Inovasi/temuan di bidang Kreasi Seni Promosi Kesehatan, yaitu pemberian penghargaan kepada individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi / kreasi seni pertunjukan (dalam bentuk kreasi tarian atau parodi) dengan tema promosi kesehatan. Bertujuan untuk mendorong pengembangan kreativitas dalam mengkomunikasikan program promosi kesehatan kepada masyarakat.

Pendaftaran lomba telah dibuka sejak Januari 2017 dan akan berakhir pada 23 Mei 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini