Sukses

Manfaat Sawo, dari Kurangi Sembelit sampai Cocok buat Ibu Hamil

Makan buah sawo ternyata kaya manfaat dan cocok dimakan untuk ibu hamil.

Liputan6.com, Jakarta Buah sawo yang berwarna cokelat biasanya tersedia sepanjang tahun. Manfaat sawo pun kaya dengan gizi. Buah ini mudah dicerna dan kaya akan antioksidan tanin poli-fenolik. Bahkan, dapat mengurangi sembelit sampai cocok dikonsumsi ibu hamil.

Buah sawo juga mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, dan asam pantotenat juga mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium dan fosfor.

Di bawah ini masih ada manfaat lain dari buah sawo, seperti dikutip dari situs The Sunday Times, Senin (20/2/2017)

Mengurangi sembelit

Sawo membantu melindungi selaput lendir usus dari kanker yang menyebabkan racun. Kandungan kalium, zat besi, folat, dan asam pantotenat dalam buah juga memfasilitasi berfungsinya sistem pencernaan.

Meningkatkan kekuatan tulang

Buah yang kaya kalsium dan fosfor jika dimakan teratur akan menjaga kesehatan dan kekuatan tulang juga gigi.

Memberikan energi dengan cepat

Selain mengandung sukrosa dan fruktosa, kandungan niacin juga meningkatkan sirkulasi yang sehat dan membantu produksi energi yang alami pada tubuh.

Sebagai perantara anti-inflamasi

Tingginya kandungan tanin dalam buah membuat perantara anti-inflamasi mampu meningkatkan kondisi saluran pencernaan sehingga mencegah penyakit seperti sindrom iritasi usus dan gastritis (peradangan dinding lambung).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kaya hemostatik

Kaya hemostatik

Tanin dalam buah juga memiliki sifat hemostatik, proses yang menyebabkan perdarahan berhenti. Hal ini bermanfaat mengurangi perdarahan dalam cedera dan menyembuhkan wasir.

Sebagai anti-virus dan anti-bakteri

Kandungan antioksidan polifenol mengandung beberapa anti-virus, anti-parasit, dan anti-bakteri.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A berperan penting menjaga kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan bahkan dalam usia tua.

Baik untuk kulit sehat dan bercahaya

Vitamin A, B, dan, C dan antioksidan menjaga kesehatan lapisan lendir tubuh dan tekstur kulit sehingga kulit tampak sehat dan bercahaya. Antioksidan juga bertindak sebagai perantara anti-penuaan dengan memberantas radikal bebas dalam tubuh dan efektif mengurangi keriput.

3 dari 3 halaman

Untuk kesehatan mental

Pengobatan untuk kesehatan mental

Sawo adalah obat penenang alami. Hal ini digunakan mengendurkan saraf dan menghilangkan stres. Buah ini sering disarankan sebagai bagian dari diet untuk orang yang berjuang dengan insomnia dan gangguan panik. Sawo adalah salah satu buah yang terbaik sebagai anti-depresan.

Obati flu dan batuk

Sifat ekspektoran ditemukan pada sawo memberikan bantuan terhadap penyumbatan oleh dahak dan pembentukan lendir di rongga hidung dan saluran pernapasan.

Bermanfaat untuk kehamilan

Kandungan dosis kalori yang tinggi dan nutrisi, sawo sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui. Hal membantu mengurangi kelemahan dan gejala lain dari kehamilan seperti mual dan pusing.

Baik untuk bayi

Buah yang kaya vitamin ini cocok untuk bayi dan balita karena membantu pertumbuhan fisik dan mental. Buah tidak menyebabkan reaksi alergi dan aman diperkenalkan kepada bayi antara usia 6-8 bulan. Bayi akan menyukainya karena sawo bertekstur manis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini