Sukses

Shigellosis, Penyakit Menular yang Tengah Mewabah di Inggris

Kenali dengan baik Shigellosis, penyakit menular yang tengah mewabah di Inggris.

Liputan6.com, Midlands, Inggris Shigellosis tengah mewabah di berbagai sekolah di Midlands, Inggris. Penyakit yang menyebabkan muntah, diare, demam, dan kram perut biasanya ditularkan dari orang ke orang. Penyakit menular ini paling sering terlihat dalam kondisi lingkungan perawatan anak dan sekolah.

Dr David Kirrage, seorang konsultan bersama tim perlindungan kesehatan PHE West Midlands mengatakan, orang harus berlatih cara mengontrol infeksi dengan baik.

"Cuci tangan termasuk cara efektif membantu untuk mengendalikan norovirus (penyebab utama dari penyakit gastrointestinal pada lingkungan tertutup) dan flu," kata Dr David, seperti dikutip dari Hully Daily Mail, Senin (13/2/2017).

Gejala yang timbul

Shigellosis adalah penyakit menular yang disebabkan sekelompok bakteri, yang disebut Shigella.

Gejala shigellosis biasanya dimulai satu sampai dua hari setelah terkena paparan bakteri, termasuk didera diare (kadang-kadang berdarah), demam dan sakit perut.

Gejala biasanya berlangsung antara lima dan tujuh hari. Orang biasanya segera melakukan pemulihan total.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara mengobati

Cara mengobati

Cara mengobati orang yang terkena penyakit ini, penderita dengan shigellosis ringan mungkin hanya perlu tambahan cairan tubuh dan istirahat. Obat anti-diare harus dihindari.

Antibiotik dapat berguna untuk kasus-kasus Shigellosis yang kronis karena antibiotik dapat mengurangi durasi gejala. Namun, Shigella sering resisten terhadap antibiotik.

Sebaiknya, Anda memberitahu dokter jika Anda tidak memeroleh kepulihan yang lebih baik dalam beberapa hari setelah minum antibiotik.

Dokter dapat melakukan tes tambahan untuk mempelajari, apakah strain Shigella itu resisten terhadap antibiotik yang dipakai.

3 dari 3 halaman

Cara mencegah

Cara mencegah

Dari laman Cambridge News, Anda bisa mencegah penyakit menular ini.

Kuncinya, Anda harus mencuci tangan secara teratur dan bersih dengan sabun dan air hangat, terutama sebelum menyiapkan makanan atau sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah mengganti popok bayi.

Jika Anda terinfeksi, sebaiknya Anda tidak menyiapkan makanan bagi orang lain dan pastikan Anda mencuci tangan sesering mungkin dan menyeluruh ke seluruh tangan.

Tampaknya melakukan hal ini akan melelahkan, tapi cara ini akan efektif agar terhindar dari serangan bakteri Shigella.

Dokter menyarankan, Anda harus tetap di rumah sampai pulih dan terbebas dari gejala selama minimal 48 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.