Sukses

Jarang Bersihkan Bulu Mata Palsu, Kutu pun Bersarang di Mata

Kita dianjurkan untuk sering-sering bersihkan bulu mata palsu. Apabila Anda tidak jeli, berisiko kutu bersarang di mata. Itu bahaya.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan bulu mata palsu, eyeliner, dan maskara merupakan riasan di bagian mata yang selalu melekat di diri wanita.

Dengan menambahkan bulu mata serta riasan lain di sekitar mata dapat menambah nilai plus dari penampilan mereka.

Namun, kaum hawa patut waspada terhadap pemakaian bulu mata palsu. Ketika Anda tidak jeli membersihkan sisa dari penggunaan riasan mata tersebut, dapat berakibat fatal, seperti bersarangnya kutu mata.

dr Liliani Wahyu SpM dari RS Husada, menyebutkan, lem yang digunakan untuk merekatkan bulu mata palsu ke bulu mata asli, jika tak dibersihkan dengan maksimal dapat menimbulkan peradangan.

"Lem bulu mata itu kan benda asing kalau kebersihannya enggak benar. Lama-lama di bulu mata itu akan tumbuh seperti ketombe dan nanti ada kutunya di bulu mata, sering saya temukan pasien seperti itu," kata Liliani kepada Health Liputan6.com saat ditemui di acara 92 Tahun RS Husada Melayani Meningkatkan Mutu Tiada Henti, Rabu (8/2/2017) siang.

Kondisi seperti ini masih bisa ditangani, lanjut Liliani. Sebelum diberikan pengobatan secara medis, biasanya pasien diwajibkan untuk mencuci bulu mata sampai bersih.

"Dulu kan ada yang bersihin pakai bensin ya, kalau sekarang ya enggak. Saya biasanya akan suruh pasien keramasin bulu mata-nya pakai sampo bayi. Kalau misalkan ada infeksi baru saya beri obat salep," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.