Sukses

Coba 5 Makanan Sehat Ini untuk Turunkan Kolesterol

Untuk membantu Anda, beberapa makanan sehat ini dinilai bisa mengurangi kolesterol,

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari 70 juta orang dewasa Amerika memiliki kolesterol tinggi. Diperkirakan, orang Indonesia juga banyak yang memiliki kolesterol tinggi karena tingginya kasus penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol tinggi biasanya mengacu pada tingginya LDL (kolesterol jahat) yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Untungnya, penelitian telah menunjukkan, pilihan makanan yang cerdas dan berolahraga telah terbukti membantu mengurangi kolesterol LDL. Untuk membantu Anda, beberapa makanan sehat ini dinilai bisa mengurangi kolesterol, seperti dilansir Today, Jumat (3/2/2017):

1. Apel

Ini klise, tapi mengonsumsi apel yang mengandung pektin yang mampu mengikat kolesterol jahat dan membawanya keluar tubuh, mencegah Anda dari penyumbatan pembuluh darah.

2. Lentil (kacang-kacangan)

Lentil tidak hanya mengandung 18 gram protein dan 16 gram serat per cangkir, tetapi makanan ringan ini mengandung serat dan mampu menurunkan kolesterol darah.

3. Alpukat

Alpukat juga mampu menormalkan angka kolesterol tinggi. Itu karena buah bertekstur lembut ini mengandung serat dan lemak jenuh tunggal, yang membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

4. Oats

Menikmati semangkuk hangat dari oatmeal untuk sarapan, akan membantu tubuh mengikat kolesterol dan membuat Anda lebih sehat.

5. Biji Chia

Biji chia memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan. Mereka mengandung serat larut yang dapat bertindak seperti magnet bagi kolesterol jahat agar bisa dibawa keluar tubuh. Biji chia juga mengandung lemak omega-3 yang telah terbukti membantu mengurangi trigliserida yang berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini