Berikut Kunci Pernikahan Langgeng dan Jauh dari Perceraian

Oleh Bella Jufita Putri pada 01 Feb 2017, 17:30 WIB
Diperbarui 01 Feb 2017, 17:30 WIB
Pernikahan
Perbesar
Pernikahan Langgeng (Google)

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang berkata mempertahankan pernikahan hingga akhir hayat tak lebih mudah daripada membangun hubungan percintaan. Belum lagi percekcokan yang terjadi dalam pasangan rumah tangga bisa berujung dengan perceraian.

Lalu, apakah kunci untuk mempertahankan hubungan pernikahan yang langgeng dan jauh dari kata perceraian?

Berikut empat hal yang dapat diaplikasikan para pasangan menikah untuk meraih pernikahan yang langgeng sepanjang masa, dikutip dari Health, Selasa (31/1/2017).

1. Memiliki rencana keuangan

Materi bisa dibilang menjadi aspek terpenting dalam hubungan menikah. Bahkan, tak sedikit perceraian terjadi akibat masalah finansial yang buruk.

Ken Robbins, MD, clinical professor of psychiatry dari University of Wisconsin-Madison, turut menyampaikan masalah keuangan seperti pengeluaran dan pemasukan suami dan istri haruslah terencana dengan baik untuk menghindari cekcok, apalagi perceraian.

2. Seks bukanlah tugas

Hubungan seks acap kali dianggap sebagai tugas istri melayani suami, maupun sebaliknya. Sayangnya, cara berpikir seperti ini dapat membuat pasangan tidak lagi mampu menikmati arti seks yang sesungguhnya. Bahkan, masalah seks bisa menjadi alasan pasangan menikah bercerai.

Andrew Goldstein, MD, obstetrician and gynecologist at the Johns Hopkins School of Medicine, Baltimore, mengatakan, "Buatlah aktivitas seks menjadi prioritas yang terjadwal karena keintiman dapat menjaga hubungan pernikahan langgeng sepanjang masa".

3. Bersikap fleksibel

Bersikap fleksibel atau tidak neko-neko di depan pasangan Anda, menjadi salah satu cara dalam memperoleh hubungan pernikahan yang langgeng dan jauh dari perceraian.

"Setiap orang memiliki peran dalam hubungan, tanpa harus saling mengubah," kata Goldstein.

4. Membantu dan menerima satu sama lain

Ketika pasangan Anda sakit atau berada dalam kondisi yang tidak sempurna, cobalah untuk saling membantu dan menerima satu sama lain.

Saling menjaga perasaan dan menolong pasangan menjadi kunci sukses pernikahan langgeng.