Sukses

Begini Cara Miliki Rambut Indah Selama Kehamilan

Bagaimana caranya agar wanita bisa memiliki rambut indah dari sebelum, selama hamil hingga bahkan setelah melahirkan?

Liputan6.com, Jakarta Sudah pasti jika wanita ingin selalu memiliki rambut indah, tidak terkecuali ketika mereka dalam masa kehamilan. Namun terkadang perubahan hormon selama hamil menyebabkan rambut rontok. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa memiliki rambut indah dari sebelum, selama hamil hingga bahkan setelah melahirkan?

Untuk mengetahui rahasianya, berikut ini adalah cara untuk mendapatkan rambut indah menurut seorang konsultan trichologi (ahli rambut) dari Inggris, Dr. Iain Sallis, seperti dilansir dari Instyle, Rabu (1/2/2017):

1. Yang harus Anda lakukan sebelum hamil

Sebelum hamil,  untuk mendapatkan rambut indah dan sehat pastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan nutrisi-nutrisi penting.

“Kesehatan Anda secara keseluruhan, merupakan kunci dari kualitas rambut yang sehat. Jadi, hindari minuman keras dan rokok, serta pastikan bahwa Anda mendapatkan banyak zat besi, zinc, vitamin B12, dan vitamin D sebelum hamil,” ujar Sallis.

Ia juga menambahkan, ”Pastikan juga bahwa dokter Anda memantau kadar zat besi di tubuh secara spesifik, dan juga konsumsi banyak protein, karena protein adalah kunci untuk pertumbuhan dan perbaikan rambut agar sehat.” 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selama hamil dan setelah melahirkan

2. Yang harus Anda lakukan selama hamil

“Makan dengan benar dan teratur berolahraga. Jika rambut mulai rontok, segera kunjungi dokter Anda, karena rambut merupakan barometer kesehatan yang sangat sensitif. Bisa saja kondisi rambut menjadi tanda pertama dari rendahnya kadar zat besi dalam tubuh, atau karena ada masalah tiroid,” ujarnya.

3. Yang dilakukan setelah Anda melahirkan

“Setelah proses melahirkan (dan semua hal yang menyertainya, seperti kehilangan darah, trauma fisik atau mental), menyebabkan `syok` pada tubuh Anda, sehingga hal ini membuat ibu mengalami telogen effluvium akut atau rambut rontok seusai persalinan, dan biasanya dimulai antara dua atau empat bulan setelah melahirkan,” ujar Sallis.

Walaupun hal ini biasanya akan berhenti tiga bulan setelahnya, tetapi penting bagi Anda untuk mengonsumsi banyak makanan yang mengandung protein dan zat besi, guna menggantikan segala hal yang telah hilang dari tubuh Anda selama selama proses persalinan. Selain itu, dapatkan juga tidur yang cukup agar rambut kembali ternutrisi dengan baik, sehingga Anda pun bisa mendapatkan kembali rambut indah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini