7 Cara Bangun Kepercayaan Pasangan Setelah Alami Perselingkuhan

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 31 Jan 2017, 17:30 WIB
Diperbarui 02 Feb 2017, 17:14 WIB
Perselingkuhan

Liputan6.com, Toronto, Kanada Apa yang terjadi bila perselingkuhan melanda hubungan asmara Anda? Pasangan yang ketahuan selingkuh meminta maaf dan ingin menjalin kembali hubungan. Namun, bagi pasangan yang terluka, cara untuk pulih dari rasa dikhianati pasangan mungkin membutuhkan waktu lama.

Melansir laman Canadian Living, Selasa (31/1/2017), Tracy B Richards, psikoterapis asal Toronto, Kanada memberikan cara agar pasangan bisa kembali mendapatkan kepercayaan setelah pasangan selingkuh.

Jujur pada diri sendiri

Anda tidak bisa terus menerus menyalahkan pasangan tanpa menyadarinya. Pada kenyataannya, pasangan yang bersalah tidak paham apa yang sebenarnya membuat mereka termotivasi untuk selingkuh.

Sebelum Anda berdua rujuk kembali bisa dimulai dengan jujur pada diri sendiri. Apalagi bila Anda ingin berpisah. Lihatlah jauh ke dalam lubuk hati, apakah perpisahan akan membuat Anda merasa lebih tenang dan mampu memulihkan kepercayaan pasangan.

Akui kesalahan

Salah satu kesalahan terbesar dan paling umum dilakukan orang adalah mencoba untuk membenarkan perilaku mereka dengan tindakan pasangan yang terluka.

Misal, "Anda membuat saya melakukan itu; Kamu tidak memberiku cukup perhatian atau Kamu selalu menuduh saya genit."Mungkin hal tersebut benar, pasangan yang selingkuh tidak menerima tanggung jawab setelah melanggar kepercayaan pasangan, merasa tidak dicintai pasangannya sehingga mendorong reaksi defensif.

Salah satu cara, akuilah kesalahan bahwa Anda mengkhianatinya sebelum berharap untuk membangun kembali kepercayannya yang hilang.

2 of 4

Hindari situasi mencurigakan

Hindari menempatkan diri dalam situasi yang mencurigakan

Jika pasangan berselingkuh, Anda harus membuatnya membangun kepercayaan kembali dalam hubungan. Berkomunikasi sebagai pasangan untuk mengidentifikasi, apa yang membuat pasangan Anda tidak nyaman.

Anda bisa membuat daftar perilaku mengganggu kenyamanan pasangan kemudian menjauhi perilaku tersebut. Hal ini akan mengurangi kecemasan pasangan Anda.

Buat rencana dan konsisten melakukannya

Anda harus konsisten melakukan sesuatu sesuai janji yang direncanakan. Anda berdua bisa duduk bersama dan menetapkan aturan soal rencana bersama, apa saja yang dilakukan untuk membangun kembali kepercayaan pasangan.

Meluangkan waktu untuk merancang rencana bersama-sama akan menunjukkan kepada pasangan, Anda peka terhadap kecemasan mereka dan konsisten terhadap upaya Anda untuk berhubungan kembali.

3 of 4

Berempati terhadap pasangan

Berempati terhadap pasangan

Berempati pada pasangan yang selingkuh dapat benar-benar sulit karena pasangan yang terluka akan merasa sakit hati.

Untuk mendapatkan kepercayaan pasangan kembali, cobalah untuk menempatkan diri pada posisi mereka dan menemukan cara untuk berempati.

Jangan memaksa pengampunan dan bersabar

Menuntut pengampunan membuat Anda tidak mendapatkan apapun penjelasan dan ketenangan dari pasangan. Solusi lain adalah bersabar. Ketika emosi menyelimuti Anda justru akan merusak kepercayaan pasangan.

Dari memahami rasa sakit akibat pasangan yang selingkuh dan mulai membangun hubungan kembali dapat segera Anda peroleh berkat kesabaran yang Anda terapkan.

4 of 4

Mencari konseling

Mencari konseling

Jika Anda telah berjuang untuk mendapatkan kembali kepercayaan pasangan tapi ditolak, Anda bisa beralih mencari ahli profesional.

Pengalaman traumatis, seperti menjadi korban perselingkuhan dapat membangkitkan banyak emosi. Aturlah janji dengan konselor untuk membantu Anda berdua berkomunikasi dan mulai memperbaiki hubungan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by