Sukses

5 Cara Tetap Langsing Saat Perayaan Imlek

Agar terhindar dari makan berlebih dan tubuh tetap langsing saat Imlek, Anda bisa mencoba cara berikut,

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Imlek identik dengan melimpahnya sajian khas nan lezat. Jika tak menjaga asupan makan,  Anda bisa saja tergoda untuk makan berlebih.

Agar terhindar dari makan berlebih dan tubuh tetap langsing saat Imlek, Anda bisa mencoba cara berikut, dikutip dari laman Womensweekly, Sabtu (28/1/2017).

1. Kontrol porsi

Menyajikan banyak hidangan dan camilan lezat saat Imlek merupakan simbol kekayaan dan kemakmuran. Agar tak tergoda kalap makan, Anda bisa menggunakan mangkok kecil dan sumpit ketimbang piring dengan sendok dan garpu.

Makan menggunakan sumpit membantu Anda mengontrol porsi dan kesempatan mencerna makanan dengan lebih baik. Dengan begitu Anda pun akan cepat merasa kenyang.

2. Hitung asupan makanan

Berkumpul bersama keluarga dan makan bersama-sama tentu membuat Anda bersemangat menikmati sajian Imlek. Namun ingat, Anda pun harus tetap memperhatikan porsi, jangan sampai berlebihan. Hitung berapa banyak camilan atau kue yang sudah masuk ke dalam perut Anda.

3. Cari teman

Sulit untuk mempertahankan diet ketika seluruh anggota keluarga bersenang-senang merayakan Imlek dengan sajian lezat. Namun tentunya Anda bukanlah satu-satunya yang tengah berusaha menjaga berat badan. Pasti ada anggota keluarga yang juga menjaga pola makan. Anda berdua bisa duduk berdekatan dan sama-sama saling mengingatkan mengenai porsi atau pilihan menu yang akan disantap.

4. Pilih minuman manis atau hidangan penutup

Ketika Anda berkunjung ke rumah sanak saudara saat Imlek, pastikan Anda memilih antara minuman manis yang disajikan atau makan hidangan penutup. Hindari mengonsumsi keduanya. Dengan begitu Anda bisa mengurangi asupan gula dan jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

5. Minum banyak air

Pastikan Anda mendapat asupan air yang cukup. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum air juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari makan berlebih saat Imlek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.