Sukses

Pasangan Harus Hindari Ini Saat Ingin Tidur Malam Nanti

Sebelum tidur malam hari, pasangan harus menghindari hal ini agar kualitas tidur dan hubungan tidak melorot.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pasangan bekerja, mungkin malam hari atau menjelang tidur merupakan waktu yang tepat untuk mendiskusikan beragam hal. Namun, sangatlah penting untuk berhati-hati dalam bercakap. Sebab jika diskusi berujung dengan cekcok ini akan merugikan.

Sebuah studi terbaru dari Global Council on Brain Health menekankan pentingnya tidur malam hari ialah menjaga fungsi kognitif yang baik untuk keesokan hari, tapi jika ada gangguan sebelum tidur dapat menyebabkan individu lebih emosional di esok harinya.

Psikologis klinis, Dr Linda Blair menjelaskan argumen yang terjadi di malam hari akan menambah kelelahan juga membuat individu mengalami kesulitan tidur. "Dan ini membuat Anda lebih emosional dan kurang rasional," ujar Blair.

Dr Mike Talbot, psychotherapist dan pemiliki UK Mediation, juga mengatakan konflik yang timbul di malam hari akan membuat respon pasif-agresif yang mempengaruhi denyut nadi. Belum lagi adrenalin dan kortisol yang meningkat berujung pada pikiran-pikiran negatif yang semakin membuat individu susah tidur.

"Sebaiknya, pasangan perlu menghindari untuk memperbincangkan hal-hal yang berujung masalah di malam hari karena hanya akan menganggu pikiran dan kualitas tidur Anda," Talbot menambahkan dikutip dari Telegraph, Jumat (27/1/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.