Sukses

Pandai Atur Keuangan Bikin Anda Lebih Beruntung dalam Percintaan

Benarkah orang yang punya uang lebih banyak akan beruntung dalam hubungan percintaan?

Liputan6.com, Jakarta Menurut penelitian yang dilakukan oleh Federal Reserve, pasangan yang mampu mengelola keuangan lebih banyak berkesempatan untuk menemukan cinta. 

Pasangan yang punya perbedaan besar dalam jumlah uang dan pengelolaan uangnya berisiko lebih besar gagal dalam hubungan percintaan pada lima tahun pertama. Adakalanya salah satu dari pasangan mempunyai sedikit uang sehingga permasalahan uang bisa memengaruhi hubungan.

Dilansir dari laman Your Tango, Selasa (6/6/2017), berikut lima hal kenapa mereka pandai mengatur keuangan bisa lebih baik dan beruntung dalam percintaan: 

1. Kebebasan finansial dapat membantu untuk mencegah masalah komunikasi.

Ketika hanya satu orang dari pasangan yang menjadi pencari nafkah utama, atau hanya satu pihak yang lebih memiliki uang, hal ini bisa jadi persoalan. Inilah kenapa komunikasi menjadi solusi utama.

Uang mungkin diperlukan tapi tidak berarti uang boleh membuat hubungan janggal.

Jika satu orang yang membayar sewa, membayar tagihan, dan membeli bahan makanan, hal itu akan membuat pasangan yang ditanggung merasa seperti mereka perlu berhati-hati soal apa yang mereka akan katakan dan bagaimana mengatakannya.

Anda tidak harus bersikap seperti itu. Ketika Anda berhenti berbicara, Anda juga berhenti berkomunikasi, padahal komunikasi dalam hubungan sangat penting. 

Kebebasan finansial akan membebaskan Anda dari perasaan tergantung pada pasangan. Inilah yang membuat Anda lantas bisa jadi lebih terbuka dalam menyampaikan ganjalan-ganjalan yang Anda rasakan.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cegah kebencian

2. Pandai mengelola uang dapat mencegah munculnya kebencian.

Pasangan bisa saling bersepakat soal pengelolaan uang. Kesepakatan yang terjadi menyoal tentang apa yang dapat dilakukan pasangan yang lebih lemah secara finansial untuk membantu dalam hubungan.

Tanpa kesepakatan yang jelas, bisa muncul kesalahpahaman. Misalnya, ketika salah satu pihak membawa pemasukan, dan membayar biaya kebutuhan, dia akan mengharapkan pasangannya untuk mengurus dan melayani dirinya. Padahal pasangannya sama sekali tidak menyadari ada pengharapan tersebut. 

Inilah yang kemudian menimbulkan perasaan kesal. Karena bisa jadi harapan salah satu pihak tidak terkabul, dan tidak ada pembicaraan yang menyeluruh mengenai hal tersebut.

Perasaan saling membenci bisa muncul, pasangan membenci Anda, Anda pun membencinya. Tentunya, ini tidak baik bagi hubungan percintaan Anda berdua.

Sebaiknya, Anda berdua ikut terlibat mengelola keuangan secara bersama-sama demi membangun hubungan yang harmonis dan tidak saling membenci.

 

3 dari 5 halaman

Mengurangi ketidaknyamanan

3. Mampu membayar tagihan sendiri bantu mengurangi rasa tidak tenang.

Tak bisa disangkal, besarnya penghasilan mempengaruhi pandangan Anda terhadap diri sendiri. Besarnya pendapatan bisa membuat Anda merasa lebih baik atau lebih buruk.

Banyak pasangan yang putus karena masalah uang. Bukan karena yang satunya merasa keberatan harus menanggung hidup yang lain, tapi justru pihak yang ditanggung merasa terlalu bersalah, dan tak enak hati.

Rasa tidak tenang juga akan muncul. Bagi pasangan yang ditanggung, mereka takut saat putus mereka tidak bisa menghidupi diri sendiri.

Sedangkan bagi pasangan yang menanggung, akan muncul juga kekhawatiran, apakah pasangannya hanya bersama karena uang saja.

Menanggung pengeluaran Anda sendiri bisa mengatasi masalah ini, dan membuat hubungan Anda berdua menjadi lebih tenang. 

 

4 dari 5 halaman

Seks lebih baik

4. Mengurangi stres terhadap uang bisa membawa seks menjadi baik.

Tidak ada yang lebih buruk daripada perasaan "wajib" untuk berhubungan seks. Sebenarnya, Anda tidak harus berhubungan seks tatkala Anda tidak ingin berhubungan seks.

Hanya karena seseorang "membayari" hidup Anda, bukan berarti dia membeli tubuh Anda. Anda masih bisa mengatakan "tidak" saat sedang tidak ingin berhubungan seks.

Itulah mengapa pasangan yang sehat secara finansial dan individu mungkin punya peluang besar mempunyai lebih banyak seks--karena tidak ada tekanan untuk harus melakukan hubungan seks. Untuk itu, kurangi stres terhadap uang demi kehidupan seks Anda.

5 dari 5 halaman

Hubungan awet

5. Pasangan dengan finansial yang terjamin kemungkinan besar tetap bersama.

Tak peduli apakah Anda masih pacaran atau sudah menikah, jika masing-masing dari Anda tenang secara finansial, lebih besar kemungkinannya bagi hubungan Anda untuk bertahan.

Uang bukanlah sesuatu yang mudah untuk dibicarakan. Namun begitu juga dengan seks, cinta, dan ketakutan-ketakutan kita.

Jika Anda ingin memastikan hubungan Anda berhasil, bahkan saat ada perbedaan kondisi finansial, pastikan komunikasi Anda berjalan lancar dan terbuka.

Jika Anda bisa menaklukkan hal tersebut, maka Anda akan bisa menaklukkan semua masalah yang mungkin muncul di hubungan Anda nantinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.