5 Gerakan Mudah untuk Eliminasi Selulit Secara Total

Oleh Adanti Pradita pada 27 Jan 2017, 12:40 WIB
Diperbarui 27 Jan 2017, 12:40 WIB
Selulit
Perbesar
Rutin melakukan gerakan olahraga tertentu bisa secara alami hilangkan selulit.

Liputan6.com, Jakarta Dari sekian banyak masalah yang rentan dialami tubuh manusia, kemunculan selulit menjadi salah satu yang paling menonjol, khususnya di kalangan wanita.

Kendati genetik menjadi salah satu faktor pemicu kemunculannya, namun mereka yang tidak memiliki keturunan selulit juga sangat bisa memilikinya. Bahkan hampir semua wanita di dunia memilikinya. Ini dikarenakan pola hidup mereka tidak dipusatkan pada pemeliharaan kesehatan.

Wanita yang suka merokok, minum alkohol, waktu tidurnya pendek, sering stres dan jarang berolahraga adalah target utama selulit. Tidak sedikit dari mereka yang mengandalkan tindakan medis seperti operasi, laser dan sedot lemak untuk menghilangkan selulit membandel di tubuhnya.

Ada juga yang berupaya menghilangkannya dengan rutin pijat. Itu semua merupakan usaha wanita-wanita yang malas berolahraga namun menginginkan hasil cepat. Efektif atau tidaknya metode tersebut tidak bisa dijamin 100 persen.

Cara alami untuk menghilangkannya adalah berolahraga. Memang bagi yang tidak suka berolahraga, aktivitas ini menyita waktu dan menyiksa dirinya. Tetapi, sangatlah penting untuk menomorsatukan metode alami jika ingin tubuh terlihat indah tanpa selulit.

Ada beberapa gerakan mudah yang apabila dilakukan secara rutin setiap hari selama 5 sampai 15 menit maksimal, bisa membantu mengeliminasi selulit secara permanen dan kulit menjadi halus mulus serta kaki sekaligus bokong terlihat kencang.

Berikut gerakan olahraga penyingkir selulit, seperti dilansir dari laman Prevention dan Pop Sugar, Jumat (27/1/2017).

2 dari 3 halaman

Squat dan lunge

Squat

Rutin melakukan gerakan olahraga tertentu bisa secahttps://www.liputan6.com/dashboard/images/createra alami hilangkan selulit. (sumber: Prevention)

Genggam sebuah kettlebell atau dumbbell dan posisikan pada dada anda. Jika tidak memiliki alat olahraga tersebut, gunakan benda lain di sekitar Anda yang tergolong berat bebannya seperti, buku atau box sepatu dengan isinya. Jaga agar siku anda tetap rapat di samping tubuh dan dada membusung. Lalu, posisikan kaki selebar bahu. Dorong pinggul anda ke belakang dan lakukan squat sampai paha anda sejajar lantai atau lebih rendah. Lakukan gerakan ini selama 1 menit saat bangun dan sebelum tidur.

Lunge

Rutin melakukan gerakan olahraga tertentu bisa secara alami hilangkan selulit. (sumber: Prevention)

Berdiri tegak dengan kedua tangan diluruskan ke bawah. Kaki lurus dan rapat. Jangan lupa kencangkan otot perut.Langkahkan kaki kanan ke depan, tekuk kedua lutut seolah Anda akan jatuh ke lantai hingga paha kanan sejajar dengan lantai. Kedua paha membentuk sudut 90 derajat, namun lutut kaki kiri tidak menyentuh tanah. Posisi punggung harus tegak saat melakukan gerakan. Kembali ke posisi awal, kemudian gerakan yang sama dengan lutut kiri yang menyentuh lantai. Lakukan gerakan ini selama 1 menit saat bangun dan sebelum tidur sebagai lanjutan dari gerakan squat.

3 dari 3 halaman

Aerobic step sampai inner thigh squeeze

Aerobic step-up

 

Rutin melakukan gerakan olahraga tertentu bisa secara alami hilangkan selulit. (sumber: Prevention)

Gerakan Step up menyerupai gerakan pada saat kita melangkah menaiki tangga, sehingga memerlukan alat bantu berupa bangku atau lainnya. Bisa jadikan kasur penopangnya. Kaki kanan naik ke atas kasur, dilanjutkan dengan kaki kiri. Kemudian, kaki kanan turun dan kaki kiri diturunkan sehabis itu. Lakukan gerakan ini selama 1 menit saat bangun dan sebelum tidur sebagai lanjutan dari gerakan squat dan lunge. Sangat dianjurkan memegang beban yang sebelumnya digunakan untuk gerakan lunge.

Scissor legs

Rutin melakukan gerakan olahraga tertentu bisa secara alami hilangkan selulit. (sumber: Prevention)

Rebahkan tubuh Anda di lantai dengan posisi  telentang, kemudian angkat sedikit pinggul disertai dengan mengangkat kedua kaki ke atas secara berselingan. Anda bisa memakai kedua tangan yang berada di samping perut sebagai tumpuan pada saat mengangkat pinggul. Lakukan langkah ini dengan memakai gerakan kaki berayun serta berseling antara bawah dan atas seolah kaki sedang menggunting. Lakukan gerakan ini selama 1 menit saat bangun dan sebelum tidur sebagai lanjutan untuk gerakan squat, lunge dan aerobic step-up.


Inner thigh squeeze

Rutin melakukan gerakan olahraga tertentu bisa secara alami hilangkan selulit. (sumber: Prevention)

Berbaringlah dengan kedua kaki diluruskan ke atas. Letakan medicine ball diantara kedua kaki, kemudian Tekan medicine ball tersebut ke dalam dengan paha Anda dan tahan dalam lima detik. Renggangkan lalu jepit kembali. Jika tidak mempunyai medicine ball, Anda bisa menggunakan bantal besar untuk melakukan gerakan ini. Lakukan gerakan ini selama 1 menit saat bangun dan sebelum tidur sebagai lanjutan untuk gerakan squat, lunge, aerobic step-up dan scissor legs.

Lanjutkan Membaca ↓