Sukses

Protes Harga Susu, Peternak Sapi Belgia Semprot Gedung Dewan

Gedung Justus Lipsius milik European Council's, mendadak putih, tebal, dan lengket usai amarah peternak sapi perah protes harga susu rendah.

Liputan6.com, Jakarta Senin, 23 Januari 2017, ratusan peternak sapi di Belgia melakukan aksi protes dengan menyemprotkan susu bubuk ke depan gedung Justus Lipsius milik European Council's.

Menggunakan sebuah truk dengan mesin susu dengan kapasitas ton, peterak sapi perah membuat bangunan serta para petugas kepolisian tampak putih bak salju dan lengket.

Aksi ini terjadi lantaran rencana penjualan saham susu Uni Eropa ke luar negeri ditaksir dengan harga yang rendah. Padahal, pada November 2016 harga susu di Uni Eropa sudah tergolong membaik.

Melansir laman Reuters, Kamis (26/1/2017) Adrien Lefevre, peternak susu dari Northern France, berpendapat susu adalah simbol kemakmuran sebuah wilayah atau negara, tetapi jika terjadi penekanan harga justru dapat membunuh negara sendiri.

Harga susu yang rendah akan mengakibatkan peternak di Eropa mengalami krisis, menurunkan kelangsungan hidup penduduk Eropa, hingga runtuhnya industri susu di Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.