Teliti ASI Pakai Mikroskop, Ibu Ini Jadi Makin Semangat Menyusui

Oleh Aditya Eka Prawira pada 18 Jan 2017, 12:40 WIB
Diperbarui 18 Jan 2017, 12:40 WIB
ASI vs Susu Formula
Perbesar
Jansen menemukan bahwa ASI memiliki nutrisi yang baik bagi tumbuh kembang si buah hati

Liputan6.com, Jakarta Ingin membuktikan bahwa ASI menyimpan berjuta-juta sel darah putih, Jansen Howard "iseng" meneteskan air susunya ke bawah mikroskop. Ibu bayi 11 bulan ini lalu terkejut,melihat penampakan molekul hidup dari setetes ASI yang ia tumpahkan. Sejak itu ia semakin giat memberikan bayinya ASI.

Penampakan molekul hidup dari setetes ASI itu ia abadikan lewat sebuah rekaman berdurasi 30 detik. Kemudian ia unggah ke akun Facebook-nya.

"Itu sangat indah. Video yang saya unggah bisa menangkap semua warna yang ada di ASI. Seperti ungu, hijau, perpaduan indah dari gumpalan-gumpalan yang berwarna-warni," kata Jansen dikutip dari situs Huffingtonpost pada Rabu (18-1-2017)

Beragam respons positif pun ia terima. Termasuk permintaan untuk meneteskan susu formula di bawah mikroskop guna membandingkannya dengan ASI.

 Jansen kembali melakukan eksperimennya menggunakan susu formula. Hasilnya sungguh jauh berbeda. Tidak tampak sel hidup berwarna-warni seperti yang terjadi pada setetes ASI.

Jansen Howard adalah anak dari seorang mikrokopist. Sang ayah punya seperangkat mikroskop di rumah untuk memeriksa sel darah istri tercinta yang mengidap kanker sejak Jansen berumur tiga tahun.

Dengan penelitian yang ia lakukan itu, Jansen hanya ingin memberitahu bahwa sebaiknya memberikan ASI. Karena ternyata ASI benar-benar menyimpan nutrisi terbaik bagi bayi.

Ia mengatakan, penelitian kecil-kecilan ini bukan kampanye anti susu formula, karena dia sendiri menggunakan susu formula sebagai tambahan bagi putrinya. Sebab, susu formula pun mengandung nutrisi, tapi tidak memiliki antibodi seperti yang terkandung di dalam ASI dan sangat dibutuhkan bayi.