Sukses

Rutin Rawat Rambut, Wajah pun Tampak Awet Muda Seperti Ira Koesno

Untuk terlihat awet muda seperti Ira Koesno, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya menjaga kemudaan rambut.

Liputan6.com, Jakarta Ira Koesno belakangan ini menjadi topik hangat di media sosial. Memang, penampilan wanita 47 tahun terlihat segar dan jauh lebih muda dari usianya. Hal ini tentu membuat banyak orang iri dan ingin bisa awet muda seperti Ira Koesno.

Untuk bisa terlihat awet muda, sebenarnya ada banyak cara. Jika Anda bukan termasuk orang-orang yang mau menyisihkan uang untuk mengunjungi klinik kecantikan, ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar awet muda seperti Ira Koesno.

Rambut adalah salah satu kuncinya.

Seiring bertambahnya usia, rambut pun ikut menua. Segala hal mulai dari hormon, berbagai pengobatan, sampai penataan bisa membuat rambut rusak.

Meski waktu menyerap keindahan rambut, bukan berarti Anda tak bisa mengakalinya.

Melansir Prevention, Selasa (17/01/2017) berikut beberapa tips perawatan rambut dari para ahlinya, untuk membantu Anda terlihat awet muda seperti Ira Koesno:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Berinvestasi pada sisir yang bagus

Sisir dengan sikat boar.

Lupakan sisir plastik yang banyak dijual di toko. Sisir jenis ini bisa mematahkan dan merusak rambut. Alih-alih pilihlah sisir dengan sikat boar.

Sisir dengan sikat boar bisa mendistribusikan minyak secara merata ke seluruh helaian rambut. Hal ini membuat rambut terlihat jadi lebih halus dan berkilau. Demikian saran Nick Arrojo, master stylist an pendiri dari Arrojo salon di New York City.

Sisir dengan sikat boar juga bisa membuat rambut Anda jadi terlihat bervolume.

3 dari 6 halaman

2. Beralihlah ke sampo kering (dry shampoo)

Mulailah menggunakan sampo kering (dry shampoo).

Jika Anda belum juga menggunakan sampo kering, mulailah sekarang juga. Mencuci rambut setiap hari bisa membuat rambut kering, dan helaiannya terlihat lebih rapuh.

"Usahakan untuk tidak mencuci rambut setiap hari," ujar Rebecca Kazin, deputi direkdi di Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery dan profesor asisten di bidang dermatologi Johns Hopkins University School of Medicine.

"Keramaslah tiap dua hari sekali untuk mempertahankan minyak alami rambut," lanjutnya. Di sela-sela jadwal keramas, semprotkan sampo kering untuk menyerap minyak dan menambah volume rambut.

4 dari 6 halaman

3. Berlama-lamalah mencuci rambut

Luangkan waktu untuk memberikan waktu bagi kondisioner untuk meresap ke rambut.

Anda tak harus memotong pendek rambut begitu mencapai usia tertentu. Namun, memang seiring waktu, rambut jadi lebih kasar dan rusak, dan pelemabapan adalah kuncinya.

Manjakan rambut dengan mentrim-nya secara teratur dan menggunakan kondisioner yang tepat. Anda tak harus menggunakan sampo yang mahal, tapi berinvestasilah pada kondisioner yang kaya nutrisi.

Menurut Arrojo, ada tiga bahan yang diperlukan dan harus ada dalam kondisioner: hydrolyzed keratin (yang akan memberi kekuatan dan kesegaran pada rambut, minyak zaitun yang melembapkan, dan shea butter.

Untuk helaian rambut yang lebih kuat dan berkilau, oleskan kondisioner pada rambut dan biarkan selama beberapa menit.

5 dari 6 halaman

4. Nikmati gaya rambut yang tak selalu rapi

Biarkan rambut mengikal alami dan jangan terlalu kaku mengaturnya.

Gaya rambut yang kaku akan membuat Anda terlihat semakin tua. Rayakan sisi liar Anda, dan biarkan rambut mengikal bebas.

"Tatanan rambut yang terlalu kencang, terstruktur, dan kaku tak hanya sudah ketinggalan zaman, tapi juga akan membuat fitur Anda terlihat lebih tajam dan galak," ujar Shannel Mariano, seorang penata rambut di R Salon di Phoenix, AS.

Sebaliknya, rambut yang terurai dan mengikal alami akan melembutkan wajah, dan juga membuat rambut terlihat lebih sehat. Sebaiknya kurangi atau hindari penggunaan hairspray.

6 dari 6 halaman

5. Konsumsi makanan kaya nutrisi

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan kaya nutrisi.

Rambut yang rapuh, kasar, dan kusam bisa jadi penanda bahwa tubuh tidak mendapatkan cukup nutrisi, seperti lemak esensial, protein, dan vitamin.

Seperti kulit dan kuku, masalah rambut bisa menandakan diet yang tidak seimbang, ujar Wendy Bazilian, DrPH, RD, salah satu penulis buku Eat Clean, Stay Lean.

Berikut nutrisi penting yang harus Anda dapatkan untuk memiliki rambut sehat:

- Protein: ikan, buncis, dan kacang-kacangan
- zinc: kerang, daging, dan buncis
- Zat besi: daging, ikan, sayuran hijau gelap (kale dan bayam)
- Biotin: Telur, raspberry, dan stroberi.
- Selenium: kacang brazil (cukup 1 butir sehari, dan memakan lebih dari 6 butir kacang brazil sehari bisa jadi beracun seiring waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.