Sukses

Arti Stiker pada Buah Impor dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan

Pernahkah Anda melihat stiker kecil yang melekat pada buah impor?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda melihat stiker kecil yang melekat pada buah impor? Sebelum Anda membuang stiker tersebut, lihat sedikit lebih dekat. Apakah Anda melihat kode-kode tersebut?

Stiker tersebut merupakan kode PLU (juga dikenal sebagai kode untuk melihat harga). Stiker tersebut tidak hanya dimaksudkan untuk persediaan, tetapi juga untuk menyediakan beberapa informasi yang sangat penting.

Kode 4 digit

Jika Anda membeli sesuatu dengan kode 4 digit (yang dimulai dengan 3 atau 4), itu berarti buah (atau sayuran) ditanam dengan banyak pupuk dan pestisida karena diproduksi dengan teknik agronomi modern.

Kode 5-digit, dimulai dengan angka 8 

Itu menunjukkan produk tersebut dimodifikasi secara genetik. Pisang, pepaya, dan melon diketahui paling banyak dimodifikasi secara genetik. 

Kode 5-digit yang diawali dengan angka 9 

Ketika Anda melihat ini, itu tandanya buah-buahan dan sayuran tersebut ditanam tanpa pestisida dan GMO dan aman dikonsumsi.

Buah-buahan dan sayuran ditanam dan dipanen menggunakan metode pertanian lama warisan nenek moyang kita. Banyak makanan yang berlabel organik untuk alasan ini. 

Tidak ada kode 

Banyak buah-buahan dan sayuran tanpa kode PLU sama sekali. Kenapa begitu? Itu tandanya produk ini ditumbuhkan dengan bahan kimia berbahaya. Sebenarnya, sang produsen bisa kehilangan bisnisnya jika kita tahu apa yang dilakukan untuk menghasilkan produk. Namun sayangnya, meski tidak ada kode PLU pada produk, hal ini tidak melanggar hukum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.