Sukses

6 Perubahan Mengejutkan pada Payudara Wanita Hamil

Inilah perubahan pada payudara seorang wanita yang sedang hamil. Wajib kamu tahu

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak perubahan tubuh wanita yang terjadi saat kehamilan mereka. Mulai dari perut yang berisi janin, perubahan kulit, perasaan, dan tak kalah penting adalah perubahan pada payudara.

Mary Jane Minkin, M.D., profesor kandungan klinis dari dari Yale University School of Medicine sekaligus penulis dari Woman's Guide to Sexual Health, memberikan enam perubahan payudara saat kehamilan yang harus diketahui wanita hamil.

1. Payudara membesar. Hanya dalam waktu enam minggu, payudara akan membesar melebihi ukuran sebelumnya. Kondisi ini membuat saluran susu dan kelejar susu tumbuh selama kehamilan.

2. Payudara terasa lebih berat. Jaringan kelenjar payudara saat wanita hamil akan meluas dan membuat payudara seperti bengkak dan terasa berat.

3. Terasa sakit. Selama hamil, payudara akan mendadak terasa nyeri.

4. Terkesan transparan. Menurut Minkin, vena pada kulit payudara akan semakin nampak terlihat sehingga menimbulkan kesan kulit transparan karena warna urat yang hijau kebiruan jadi tampak jelas. 

5. Puting berubah bentuk dan warna. Saat hamil, puting payudara akan mengalami perubahan bentuk dan warna. Hal ini terjadi akibat tingkat esterogen yang tinggi.

6. Payudara basah. Pada trimester kedua atau ketiga, puting payudara akan terasa basah akibat kolostrum-susu yang mengeluarkan cairan. Namun, cairan ini bisa kering bahkan berkerak dengan sendirinya dikutip dari Parents, Kamis (5/1/2017).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.