Sukses

4 Hal yang Perlu Dilakukan Ibu Saat Si Kecil Demam

Untuk kasus ringan dan sedang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan ibu di rumah

Liputan6.com, Jakarta Dalam kebanyakan kasus, demam yang dialami si kecil biasanya termasuk ringan. Meski begitu, Anda harus berhati-hati bila anak mengalami demam tinggi di atas 38 derajat celsius.

Untuk kasus ringan dan sedang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan ibu di rumah, seperti dilansir Foxnews, Kamis (22/12/2016):

- Memastikan temperatur

Pertama-tama Anda bisa memastikan suhu si kecil dengan menggunakan termometer. Direktur Utama Departemen Obgyn di Hackensack University Medical Center, New Jersey, Dr. Manny Alvarez mengatakan, saat ini telah banyak termometer digital yang memudahkan ibu untuk mengetahui suhu tubuh anak.

- Menjaga anak tetap terhidrasi

Ketika anak demam, dia bisa mengalami dehidrasi. Masalahnya, gejala dehidrasi pada anak-anak bisa sangat cepat. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa menyimpan larutan elektrolit yang dapat membuat anak tetap terhidrasi. ASI juga bisa Anda berikan saat si kecil demam. Pastikan juga untuk mengganti popoknya yang basah dan mereka memproduksi cukup air liur.

- Menjaga anak nyaman

Pastikan Anda melakukan apa saja untuk menjaga bayi Anda nyaman. Jangan terlalu berlebihan juga melindungi si kecil dengan pakaian tebal atau selimut. Pastikan menjaga suhu ruangan tetap normal.

- Konsultasikan obat yang aman untuk anak

Konsultasikan juga pada dokter mengenai obat-obatan yang aman diberikan pada bayi. Jenis obat acetaminophen atau ibuprofen dapat membantu menurunkan suhu tinggi. Tapi menurut studi, aspirin pada bayi telah dikaitkan dengan sindrom Reye, suatu penyakit yang sangat langka namun dapat mempengaruhi otak dan hati. Untuk itu, penting mendapatkan saran dokter sebelum memberikan obat demam pada anak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.