Sukses

Gerakan Ini Bisa Bantu Pulihkan Cedera Olahraga

Dua latihan berikut ini menjadi rangkaian latihan yang dapat diperagakan untuk memulihkan cedera punggung bawah.

Liputan6.com, Jakarta Alami cedera ketika tengah berolahraga adalah hal biasa. Tetapi Anda harus mengenali lebih jauh jenis cedera olahraga apa yang sedang dialami.

Ada dua jenis cedera yaitu cedera akut dan cedera kronis. Umumnya cedera akut adalah cedera yang baru terjadi sedangkan cedera kronis adalah kondisi nyeri atau rasa sakit pada sendi dan otot yang berlangsung dalam waktu yang panjang juga dapat mengalami kekambuhan.

Punggung bawah menjadi area tubuh yang riskan terhadap cedera. Biasanya cedera punggung bawah bisa masuk pada jenis cedera akut dan kronis.

Untuk pulih dari cedera punggung bawah diperlukan sejumlah latihan sebelum memulai olahraga. Jenis latihannya sendiri, Anda harus bahas dengan dokter atau ahli terapi untuk mendapatkan latihan yang tepat dalam mencegah cedera lebih lanjut juga berulang.

Mengutip laman Live Strong, ditulis Senin (19/12/2016) dua latihan berikut ini menjadi rangkaian latihan yang dapat diperagakan untuk memulihkan cedera olahraga punggung bawah.

1. Heel sliding

American Academy of Orthopedic Surgeons menyarankan untuk berbaring di lantai atau tempat tidur dengan posisi telentang menjadi gerakan yang dapat memulihkan cedera punggung bawah.

Setelah berada pada posisi telentang, secara perlahan menekuk lutut kanan. Ulangi gerakan ini sebanyak sepuluh kali dan ulangi pada kaki kiri.

2. Pelvic tilt

Menurut Nicolas Institute of Sports Medicine and Athletic Trauma, berbaring telentang di lantai dan menarik perut ke arah dalam, menjadi latihan pengantar olahraga saat mengalami cedera punggung bawah.

Dengan menurunkan panggul, secara otomatis tubuh akan membentuk lengkungan pada punggung dan melatih pada punggung yang mengalami cedera olahraga. Lakukan gerakan ini sebanyak lima sampai sepuluh kali setiap hari atau setiap kali akan memulai latihan fisik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.