Sukses

2 Hal Ini Perkuat Manfaat Air Garam untuk Usir Jerawat

Apa sebenarnya manfaat air garam? Benarkah manfaat air garam untuk mengusir jerawat yang membandel?

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air garam akan Anda rasakan ketika wajah dipenuhi jerawat. Alasannya, meski tersedia beragam pilihan pengobatan untuk menghilangkan jerawat, air garam tetap dipilih karena sudah terbukti memiliki manfaat.

Bagi orang-orang yang ingin menghindari pemakaian obat-obatan farmasi, mereka akan memilih pengobatan alternatif dengan cara mencampurkan dua sendok teh garam laut ke dalam gelas berisi air hangat. Semprot sebentar, dan manfaat air garam pun langsung mereka rasakan.

Hanya saja, belum ada penelitian pasti mengenai manfaat air garam untuk menghilangkan jerawat yang muncul di wajah. Semuanya berdasarkan teori pribadi dan dugaan.

Ada pun teori pribadi yang membuat orang percaya bahwa manfaat air garam untuk menghilangkan jerawat seperti dikutip dari situs Progressive Health pada Senin (19/12/2016)

1. Garam memiliki kemampuan alami untuk mengurangi kelembapan. Penyebab munculnya minyak di wajah karena pori-pori yang tersumbat dan menumpuknya bakteri. Garam memiliki efek mereduksi jerawat.

2. Salah satu teori paling populer adalah air garam bermanfaat menutup pori-pori yang membuat bakteri tidak punya ruang untuk "bekerja" memunculkan jerawat.

Manfaat air garam terus dipertanyakan, lantaran tidak semua garam memiliki manfaat yang sama. Misalnya saja penggunaan garam meja yang dianggap terlalu keras--dengan kandungan yodium terlalu tinggi--sehingga minyak di kulit wajah bertambah bukannya berkurang.

Jika Anda ingin benar-benar merasakan manfaat air garam, gunakan garam laut, karena sudah direkomendasikan banyak ahli. Garam laut tidak mengandung yodium berlebihan, secara teori mengandung bahan-bahan alami yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini