Sukses

Catat Manfaat Lemon untuk Enyahkan Ketombe

Memijat kulit kepala dengan sari lemon merupakan cara termudah meraih manfaat lemon untuk mengatasi ketombe.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lemon sangat beragam, salah satunya ampuh untuk mengatasi ketombe. Asam sitrun yang terkandung dalam buah berwarna kuning ini membantu menyeimbangkan kadar pH kulit kepala sehingga mencegah berkembangnya ketombe.

Selain itu, efek astringent (menciutkan) dari sari lemon menyeimbangkan sebum pada kulit kepala dan mencegahnya menjadi terlalu kering. Lemon juga membantu mengurangi gatal yang disebabkan oleh ketombe.

Berikut lima ramuan alami berbahan lemon untuk mengatasi ketombe, dilansir dari laman DIY Health Remedy, Selasa (13/12/2016):

1. Sari lemon

Memijat kulit kepala dengan sari lemon merupakan cara termudah meraih manfaat lemon untuk mengatasi ketombe.

Gunakan jemari Anda atau bola kapas yang telah dibubuhi sari lemon dan terapkan di kulit kepala. Atau iris tipis buah lemon dan gosokkan pelan di kulit kepala. Biarkan sari lemon menyerap selama kurang lebih 30 menit lalu bilas bersih rambt dan kulit kepala.

2. Lemon dan minyak kelapa

Ketombe sering dikaitkan dengan kondisi kulit kepala yang terlalu kering. Jadi, alih-alih menerapkan langsung sari lemon ke kulit kepala, coba lebih dulu mencampurnya lebih dulu dengan minyak kelapa, almond, atau zaitun.

Gunakan perbandingan dua sendok sari lemon dengan tiga atau empat sendok minyak hangat. Untuk mendapatkan manfaat lemon, oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut lalu tutup dengan handuk hangat yang lembap. Biarkan hingga satu jam lalu bilas dengan sampo. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lemon dan yoghurt

3. Lemon dan yoghurt

Yoghurt mengandung asam laktat yang berfungsi mengeksfoliasi kulit mati dari kulit kepala. Lemak susu yang terdapat di dalamnya pun bisa melembapkan kulit kepala.

Tambahkan sari dari setengah lemon pada yoghurt lalu oleskan dan biarkan di kulit kepala selama 30 menit. Cuci rambut dengan sampo.

4. Lemon dan gel aloe vera

Kombinasi lemon dan gel lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe. Lidah buaya atau aloe vera merupakan pelembap terbaik, mengurangi kekeringan kulit kepala tanpa menyebabkannya lepek.

Campurkan sari lemon dengan satu sendok gel aloe vera. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan 30 menit. Cuci rambut dengan sampo.

5. Lemon dan madu

Madu ampuh menenangkan kulit kepala yang teriritasi, melembapkan, menutrisi kulit kepala, sekaligus mencegah infeksi akibat jamur. Kombinasi sari lemon dan madu adalah ramuan sempurna untuk menghalau ketombe.

Campur dua sendok makan sari lemon dengan dua sendok makan madu lalu oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama 30 menit sebelum mencucinya dengan sampo.

Anda siap mencoba manfaat lemon untuk mengatasi ketombe yang mengganggu?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini