Sukses

Kesehatan Usus Tentukan Imunitas Tubuh

Sekitar 70 persen dari sistem kekebalan tubuh ditentukan oleh kesehatan usus Anda.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin masih menganggap remeh kesehatan usus. Padahal, 70 persen dari sistem kekebalan tubuh berada di dalam usus Anda.

Hal ini berarti mempertahankan usus yang sehat adalah kunci dari kesehatan seluruh tubuh. Usus yang tidak sehat berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan.

Depresi hingga peradangan seperti radang sendi merupakan penyakit yang bisa disebabkan oleh kondisi usus yang tidak sehat.
Lesu, masalah pencernaan, alergi makanan atau menderita suatu kondisi autoimun, juga beberapa masalah yang bisa disebabkan oleh usus yang tidak sehat.

Usus bekerja untuk metabolisme nutrisi yang diperlukan tubuh dam membuang racun berbahaya dari dalam tubuh. Usus juga merupakan tempat bagi ratusan triliun mikroorganisme yang bekerja untuk mencegah pertumbuhan bakteri jahat yang bisa membuat Anda jatuh sakit.

Usus yang sehat biasanya ditandai dengan keseimbangan yang baik dari bakteri dan lapisan usus yang kuat. Ini bertindak sebagai pelindung, memastikan zat-zat asing tidak menembus dan membuat jalan masuk ke dalam tubuh, dilansir dari laman Naturalcave, Jumat (9/12/2016).

Namun, semakin beragamnya makanan hingga keinginan orang untuk menurunkan berat badan, dapat mengganggu kesehatan usus. Diet, stres, penyakit yang berkaitan dengan kekebalan tubuh serta agen-agen yang dapat memnyebabkan infeksi adalah beberapa pemicu gangguan pada usus.

Menjaga kesehatan usus sangat mudah yakni bisa dengan menjaga pola makan dan perbanyak makanan yang sehat. Jangan lupa untuk rutin mengonsumsi makanan probiotik dan makanan yang difermentasi. Kedua jenis makanan ini dapat mengurangi masalah di usus Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini