Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Waspadai Tanda Kanker Mulut yang Disebabkan Seks Oral

Seks oral selain bisa menularkan infeksi pada mulut, kini sering juga disebut sebagai penyebab kanker mulut.

Liputan6.com, Jakarta Seks oral selain bisa menularkan infeksi pada mulut, kini sering juga disebut sebagai penyebab kanker mulut.

Dalam 20 tahun terakhir, jumlah penderita kanker mulut terus meningkat terutama di Inggris. Mirisnya, kebanyakan penderita kanker mulut adalah kaum muda.

Kanker mulut merupakan istilah umum yang meliputi kanker bibir, lidah, mulut, amandel dan bagian tengah tenggorokan. Menurut Russ Ladwa dari British Dental Association, kanker mulut terus meningkat tetapi sebagian besar dari mereka tidak mengecek ke dokter gigi. Padahal, deteksi dini sangat penting untuk mengobati kanker.

Ada beberapa tanda-tanda kanker mulut yang sering dialami penderita dan bisa membuat Anda lebih waspada terutama yang sering melakukan seks oral, dilansir dari laman The Sun, Selasa (6/12/2016).

1. Nyeri di mulut
Tanda yang paling umum dari kanker ini adalah nyeri pada mulut yang tak kunjung hilang.

2. Bercak putih atau merah di mulut atau tenggorokan
Ada bentuk yang abnormal di mulut yang bisa jadi pertanda kanker mulut. Ini bisa menjadi daerah sel abnormal yang meski tidak selalu menjadi kanker, tapi bisa berkembang menjadi tumor. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sulit menelan

3. Kesulitan menelan
Kanker mulut dapat menyebabkan rasa sakit atau sensasi terbakar ketika Anda mengunyah atau menelan makanan. Tanda lainnya adalah perasaan makanan seperti menempel di tenggorokan. Tapi, para ahli memperingatkan virus HPV dapat menyebar melalui oral seks yang bisa menyebabkan munculnya lebih banyak penyakit.

4. Perubahan suara
Penderita kanker mulut mengalami perubahan dalam suara mereka. Entah itu bisa menjadi lebih tenang, lebih serak atau bergetar. Tanda-tanda lain yang cukup parah adalah Anda kesulitan mengucapkan kata-kata dan suara.

5. Benjolan di leher
Seperti hampir semua bentuk kanker, benjolan di leher bisa menunjukkan adanya tumor. Waspadai pembengkakan ini, karena bengkak pada salah satu atau lebih kelenjar getah bening di leher adalah tanda umum dari penyakit ini. 

 

3 dari 3 halaman

Berat badan turun

6. Penurunan berat badan mendadak
Ini biasanya memang menjadi salah satu pertanda kanker paling umum. Penurunan berat badan pada penderita kanker mulut disebabkan oleh nyeri saat makan.

7. Bau mulut
Ini mungkin sering dialami oleh banyak orang. Tetapi, penderita kanker mulut mengalami bau mulut yang lebih buruk dan lebih sering dibanding yang lain.

Beberapa gejala lain kanker mulut seperti benjolan atau penebalan di bibir, pendarahan yang tidak biasa atau mati rasa di mulut, gigi longgar dan kesulitan menggerakkan rahang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.