Sukses

Makan Tomat Bisa Picu Nyeri Sendi?

Tidak ada cara yang dapat memastikan nyeri sendi hilang selamanya. Tapi lebih baik hindari makanan seperti tomat yang memicu nyeri sendi.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sering menyalahkan kebiasaan mandi di malam hari ketika sendi-sendi atau tulang merasa sakit, kaku hingga bengkak. Saat tengah nyeri sendi kaki, pergerakan sedikit saja dapat membuat Anda kesakitan dan tidak nyaman melakukan hal apapun.

Penelitian menunjukkan makanan tertentu yang mengandung anti peradangan seperti kacang-kacangan, ikan dan minyak zaitun dapat membantu meredakan nyeri sendi.

Memang, tidak ada cara yang dapat memastikan nyeri sendi dapat hilang selamanya. Namun, untuk menghindarinya lebih baik batasi asupan tiga makanan berikut yang bisa memicu radang sendi.

1. Minuman soda
Minuman soda dapat memicu penyakit diabetes dan penyakit jantung. Konsumsi gula berlebih dapat memicu pelepasan hormon peradangan yang disebut sitokin. Ketika peneliti menganalisis data dari penelitian selama 30 tahun, mereka menemukan hubungan antara konsumsi soda dan risiko nyeri sendi.

Wanita yang minum satu atau lebih soda dalam dalam sehari memiliki risiko 63 persen lebih besar mengalami radang sendi daripada mereka yang tidak meminumnya sama sekali. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tomat

2. Tomat
Meskipun tomat dianggap memiliki senyawa anti peradangan, mereka yang menderita jenis tertentu dari arthritis atau radang sendi yang disebut gout, telah lama berpikir bahwa tomat dapat memicu nyeri. Pada penelitian yang dilakukan terhadap 12.720 orang yang tidak memiliki gout, ditemukan bahwa tomat dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah mereka.

Namun, jangan menolak makan tomat. Bagi Anda yang rentan terkena nyeri sendi, jangan berlebihan makan tomat yang terlalu asam.

3. Jagung, bunga matahari, kacang kedelai
Pernahkah Anda mendengar asam lemak omega-6? Asam lemak omega 6 ditemukan dalam makanan yang digoreng, margarin, kuning telur dan daging. Asam lemak omega 6 dapat menyebabkan asma, penyakit jantung dan peradangan.

Peneliti menyarankan mereka yang memiliki nyeri atau radang sendi mengurangi makanan yang mengandung omega 6 untuk menghindari peradangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Nyeri sendi atau rematik merupakan gangguan nyeri pada persendian tubuh, yang diakibatkan oleh peradangan.

    Nyeri Sendi

  • Radang sendi atau artritis, merupakan nyeri di daerah persedian akibat peradangan yang terjadi di celah sendi atau jaringan sekeliling sendi

    radang sendi

  • tomat

Video Terkini