Mengenal Timothy Ray Brown, Pria yang Sembuh dari HIV/AIDS

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 01 Des 2016, 16:00 WIB
Diperbarui 01 Des 2016, 16:00 WIB
Mengenal Timothy Ray Brown, Pria yang Sembuh dari HIV/AIDS. Foto: CBS News
Perbesar
Mengenal Timothy Ray Brown, Pria yang Sembuh dari HIV/AIDS. Foto: CBS News

Liputan6.com, Tallahase, Florida Seorang pria asal Tallahase, Florida menceritakan perjuangan hidupnya memerangi HIV/AIDS. HIV/AIDS yang ia derita ternyata dapat disembuhkan. Betapa keajaiban menaungi Timothy Ray Brown. Ia termasuk satu-satunya pria di dunia yang sembuh dari HIV.

Dalam sebuah acara televisi di pusat kota Tallahase bertajuk Hari AIDS Sedunia, kisah Timothy yang sembuh dari HIV disimak publik luas.

Timothy pernah menjadi salah satu penderita HIV/AIDS  di antara lebih dari 36 juta orang di dunia yang hidup dengan HIV.

Dilansir dari laman WCTV, Kamis (1/12/2016), Timothy didiagnosis HIV/AIDS pada 1995. Namun, hidup Timothy sempat pudar, ia juga didiagnosis menderita kanker leukimia.http://health.liputan6.com/read/2665480/raline-shah-jangan-menghakimi-penderita-hivaids?source=search

Ia harus menjalani dua pengobatan, baik menyembuhkan leukimia dan melepaskan jeratan rantai HIV/AIDS.

2 dari 3 halaman

Berjuang untuk sembuh

Berjuang untuk sembuh

Untuk membangun sistem kekebalan tubuh Timothy kembali, dokter di Berlin menangani langsung Timothy. Dokter menggunakan sel punca (sel tubuh dalam sumsum tulang belakang atau darah) yang kebal terhadap HIV berupa mutasi gen langka yang dikenal sebagai CCR5.

Sel punca ternyata mampu menaklukkan kanker dan HIV/AIDS yang dideritanya. Proses pengobatan tidak mudah, ia harus mendapatkan orang yang bersedia mendonorkan sel puncanya. Rasa bersyukurnya hadir, ia berhasil mendapatkan sel punca.

Timothy berbagi pengalaman hidupnya sembuh dari HIV/AIDS

Pengobatan dengan sel punca dijalani. Timothy pun sembuh total dari HIV/AIDS dan kanker leukimia pada tahun 2007. Dokter memastikan ia tidak memiliki tanda-tanda gejala HIV dan leukemia lagi.

3 dari 3 halaman

Berbagi inspirasi

Berbagi inspirasi

Demi memotivasi para penderita HIV/AIDS, Timothy melakukan perjalanan ke seluruh negara di dunia. Ia berbagi cara penyembuhan HIV dan pengobatan yang dialami.

Timothy bersama jurnalis WCTV

"Saya ingin memberi harapan kepada banyak orang. Penyembuhan saya bukanlah sesuatu yang dapat diterima logis dengan mudah oleh orang lain. Tapi itu sebagai bukti bukti bahwa HIV dapat disembuhkan," ucap Timothy.

Lanjutkan Membaca ↓