Peringati Hari AIDS Sedunia, Emoji Seks Aman Dirilis

Oleh Bella Jufita Putri pada 01 Des 2016, 15:00 WIB
Diperbarui 01 Des 2016, 15:00 WIB
Hari AIDS Sedunia, Emoji Seks Aman DIrilis
Perbesar
Memperingati Hari AIDS Sedunia, perusahaan kondom merilis suatu emoji untuk menyimbolkan seks aman.

Liputan6.com, Jakarta Bagi muda-mudi, penggunaan gawai dan media sosial di zaman modern seperti ini adalah candu yang tak bisa lagi dimungkiri. Fenomena tersebut menjadi latar belakang sebuah perusahaan alat kontrasepsi dunia untuk memberikan satu bentuk seks edukasi untuk melakukan seks aman, bertepatan dengan peringatan Hari AIDS Sedunia.

Senin lalu, Durex meluncurkan Umbrella with Raindrops sebagai emoji seks aman dalam gawai. Peluncuran ini sekaligus memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh setiap 1 Desember.

Emoji Umbrella with raindrops sebagai perlambang seks aman.

"Kami percaya penamaan Umbrella with Raindrops sebagai emoji seks aman yang secara resmi menjadi langkah signifikan untuk membantu kaum muda untuk melakukan seks yang aman," kata Volker Sydow, Direktur Global Durex.

Peluncuran emoji ini juga dibuat dalam rangkaian kampanye dengan tanda pagar #CondomEmoji yang disebar pada Twitter dan Facebook. Survei menunjukkan ada lebih dari 160 negara mendukung kampanye ini. Mendukung seks aman memang sangat berpengaruh dalam kampanye HIV/AIDS, seperti yang digiatkan di Hari AIDS Sedunia. 

"Lebih dari 60 persen orang-orang muda yang disurvei mengaku tidak nyaman mendiskusikan seks. Sementara 72 persen responden mengaku bahwa mereka merasa lebih mudah untuk mengekspresikan emosi seksual mereka dengan menggunakan emoji. Dan lebih dari tiga perempat mengakui bahwa mereka menggunakan emoji untuk membahas seks dan hubungan mereka," tulis survei yang dikutip dari News18, Kamis (1/12/2016).