Sukses

Raline Shah: Jangan Menghakimi Penderita HIV/AIDS

Raline Shah punya alasan mengapa tidak mau menghakimi penderita HIV/AIDS.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin masih ada sebagian orang yang menjauhi bahkan menghakimi orang-orang yang menderita HIV/AIDS. Namun ini tidak berlaku bagi Raline Shah, karena menurutnya tidak semua dari mereka yang menderita penyakit tersebut akibat dari sesuatu yang negatif.

“Mereka semua itu juga manusia, jadi jangan terlalu menghakimi. Dan kita kan enggak tahu how we got the disease, karena terkadang ada yang dapat dari orangtuanya, dan ada yang dari transfusi darah,” ujarnya pada Health-Liputan6.com, Rabu (30/11/2016).

Meskipun penderita HIV/AIDS akibat hal negatif, tak seharusnya dikucilkan. Menurut Raline Shah mereka berhak mendapat kesempatan untuk membuka lembaran yang baru dalam hidupnya.

“Saya rasa semua orang berhak mempunyai lembaran baru dan diberi keinginan untuk hidup. Karena apa yang buruk di masa lalu seseorang, belum tentu itu akan jadi cerminan di masa depannya,” tuturnya.

Pemain 'Surga yang Tak Dirindukan' ini mengaku memiliki seorang teman yang menderita HIV/AIDS sejak masih kuliah hingga kini masih terjalin komunikasi.

Berteman dengannya, Raline merasa banyak hal positif yang ia dapat darinya. “Dia tahu bahwa life itu enggak boleh di take for granted, jadi dia cenderung sangat bersyukur dan sangat positif dalam berbagai hal. Dan aku juga belajar darinya, selama kita masih hidup, kita masih bisa melakukan sesuatu yang positif,” lanjutnya.

Raline pun menegaskan, “Jadi jangan menghakimi orang-orang yang mengidap penyakit HIV/AIDS, tapi harusnya kita rangkul dan kita berikan makna hidup yang lebih besar lagi. Harapan selalu ada.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini