Sukses

Malas Rapikan Tempat Tidur Bikin Berat Badan Naik

Hal ini mungkin terdengar konyol, tetapi penulis buku The Power of Habit, Charles Duhigg menyatakan bahwa merapikan tempat tidur akan..

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda sudah mencoba semua cara untuk menurunkan berat badan, tapi terasa sia-sia. Padahal Anda juga sudah menjaga porsi makan, apa penyebabnya?

“Kesalahan terbesar yang banyak orang lakukan ketika mereka ingin menurunkan berat badan adalah melakukan kebiasaan paginya yang salah. Padahal saat pertama Anda bangun tidur, ini adalah dasar untuk berbagai pilihan yang akan Anda buat sepanjang hari. Jadi penting untuk membangun kebiasaan baik saat pagi hari,” ujar President of the Institute for Sustainable Weight Loss and Founder dan CEO of Bright Line Eating Solutions, Susan Peirce Thompson, Ph.D.

Berikut ini adalah kesalahan umum yang dapat merusak keinginan Anda dalam menurunkan berat badan dan bagaimana cara untuk membenarkannya, seperti dilansir dari Womenshealthmag, Rabu (30/11/2016):

1. Tidur terlalu lama

Tak hanya kurang tidur yang menyebabkan berat badan bertambah, karena ternyata tidur terlalu lama juga bisa berpengaruh. Satu studi dalam jurnal PLOS One menemukan bahwa tidur lebih dari 10 jam semalam dapat menaikkan risiko Indeks Massa Tubuh (IMT) Anda dibandingkan dengan mereka yang hanya tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

Jadi biasakan tidur hanya selama tujuh hingga sembilan jam jika Anda ingin menurunkan berat badan.

2. Tidak membuka jendela

Menurut studi lain yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One, jika Anda tetap menutup tirai jendela setelah Anda bangun pagi, maka Anda tidak mendapat manfaat sinar matahari yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Para penulis studi menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan sinar matahari di pagi hari, memiliki IMT lebih rendah daripada mereka yang tidak mendapatkannya, terlepas dari seberapa banyak makannan yang mereka konsumsi. Menurut penelitian, hanya mendapatkan sinar matahari pagi selama 20 hingga 30 menit sudah cukup untuk mempengaruhi IMT Anda.

3. Tidak merapikan tempat tidur

Sebuah survei oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa orang yang suka merapihkan tempat tidurnya di pagi hari, 19 persen lebih mungkin melaporkan bahwa mereka mendapat tidur malam lebih baik, dibandingan dengan mereka yang tidak melakukannya. Dan tidur malam yang baik akan menurunkan IMT.

Mengapa bisa begitu? Hal ini mungkin terdengar konyol, tetapi penulis buku The Power of Habit, Charles Duhigg menyatakan bahwa merapikan tempat tidur Anda di pagi hari akan memunculkan perilaku baik seperti memilih makanan sehat di siang hari atau malam harinya. Bahkan mereka juga lebih baik dalam hal menghemat uang, sehingga membuat kalori tubuhnya pun terjaga.

4. Tidak menimbang berat badan

Ketika para peneliti dari Cornell University memantau 162 pria dan wanita yang obesitas selama dua tahun, mereka menemukan bahwa peserta penelitian yang rajin menimbang tubuhnya setiap hari, lebih berhasil dalam menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil.

“Dan waktu terbaik untuk menimbang berat badan adalah pagi hari, ketika berat Anda berada di titik terendah. Karena tidak hanya pengukurannya saja yang lebih akurat, Anda juga lebih bisa untuk melakukan penyesuaian, jika angka yang tertera di timbangan di pagi hari selanjutnya, terlihat sedikit lebih tinggi dari yang di harapkan,” ujar juru bicara untuk Pennsylvania Academy of Nutrition and Dietetics, Lisa Jones, R.D.

5. Nutrisi saat sarapan kurang

Para peneliti dari Tel Aviv University menemukan bahwa orang yang makan sarapan seimbang yang berisi 600 kalori dari protein, karbohidrat, dan sedikit makanan manis, dilaporkan akan merasa kurang lapar dan tidak banyak mengidam makanan sepanjang hari, jika dibandingkan dengan mereka yang hanya sarapan 300 kalori karbohidrat.

Jadi jika Anda ingin menurunkan berat badan, makan sarapan secara seimbang setiap hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini