Sukses

Sering Sakit Kepala? Cek Isi Tas Anda

Ada beberapa alasan kenapa seseorang bisa menderita sakit kepala.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa alasan kenapa seseorang bisa menderita sakit kepala. Bisa karena kelelahan, kurang tidur, dehidrasi, hormon atau terlalu banyak alkohol. Namun siapa sangka bila membawa barang terlalu berat dalam tas jinjing (handbag) juga memicu sakit kepala.

Fisioterapis Naomi Sofer yang berbasis di London Naomi Sofer mengatakan, hal ini mungkin tidak berhubungan. Tapi kenyataannya, membawa beban terlalu berat bisa melumpuhkan saraf di kepala.

"Mengenakan tas yang berat di bahu yang sama sepanjang hari bisa menyebabkan ketegangan di leher dan bahu. Hal ini menyebabkan sakit kepala," kata Sofer, seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (19/11/2016).

Menurut Sofer, berat tas tidak boleh lebih dari 10 persen berat badan Anda. Bila demikian, yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi beban tas atau mengganti tas ransel. 

Jika memang Anda setiap hari harus membawa beban berat, lakukan olahraga teratur, akupunktur dan sering lakukan peregangan. Setidaknya, hal ini akan mencegah sakit kepala.

Selain itu, hindari penggunaan obat-obatan penahan sakit. "Obat sakit kepala tak boleh terus diminum terus menerus. Bila dalam 10 hari tak mereda, segera periksakan ke dokter," pungkas Sofer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini