Tanpa Sadar, Makanan Ini Bisa Membuat Anda Makan Berlebih

Oleh Aluna Swara pada 18 Nov 2016, 13:30 WIB
Diperbarui 18 Nov 2016, 13:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta Perut yang kenyang bisa membuat Anda tenang dalam melakukan segala macam aktivitas. Konsentrasi dan fokus pun bisa lebih terjaga dengan perut kenyang, terlebih bagi Anda yang sedang diet dan membatasi asupan makanan. Namun, ada beberapa makanan tertentu yang dapat membuat Anda makan lebih banyak daripada yang pernah Anda pikirkan.

Makanan yang sering membuat Anda makan lebih banyak biasanya dikemas dengan gula, karbohidrat, dan bumbu buatan. Biasanya, makanan tersebut lebih banyak dibuat tanpa protein dan serat yang diperlukan untuk membuat perut kenyang. Inilah yang terkadang menyebabkan Anda masih tetap lapar setelah memakannya.

Menurut ahli gizi, memang ada beberapa makanan yang bisa membuat Anda merasa lebih lapar. Tiga makanan dan minuman ini yang paling sering disebut dapat membuat Anda makan lebih banyak tanpa disadari, dikutip dari laman Mydomain, Jumat (18/11/2016).

1. Jus dan smoothies

Meski mengandung gula alami dari buah, jus dan smoothies tidak mengandung protein atau serat. Minum segelas jus dapat meningkatkan kadar gula darah Anda dan kemudian turun lagi sehingga memberikan rasa lapar dengan mudah. Ahli gizi Mitzi Dulan merekomendasikan Anda untuk menambahkan satu sendok bubuk protein atau selai kacang dalam smoothie Anda untuk menyeimbangkan nutrisinya. 

 

Sushi

2. Sushi

Sushi merupakan salah satu pilihan makanan sehat terutama bagi Anda yang sedang diet. Ini karena porsinya yang kecil dan terdiri dari sayuran, buah serta ikan yang kaya lemak sehat. Padahal, satu porsi sushi setara dengan tiga lembar roti tawar putih. Anda mungkin memilih sushi karena kandungan ikan yang baik untuk kesehatan. Tapi, tanpa disadari Anda makan nasi lebih banyak dari yang Anda pikir.

"Jika Anda tidak makan apapun, sushi gulung cukup cepat dicerna dan dikosongkan dari perut tanpa ada kandungan tinggi dari sifat mengenyangkan perut seperti serat atau protein," kata ahli gizi Susan M. Kleiner.

3. Roti putih

Makan roti tawar putih dapat meningkatkan insulin dan menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan. Roti tawar putih sudah tidak lagi mengandung gandum. Ini karena tepung putih yang digunakan untuk memanggang roti telah dikeluarkan dari kulit luarnya, dan ini membuat kadar serat gandumnya habis. Cobalah mulai sekarang untuk membiasakan konsumsi roti gandum.