Sukses

7 Cara Mudah Cegah Gigi Berlubang

Sebenarnya ada cara mudah untuk mencegah gigi berlubang

Liputan6.com, Jakarta Sebagian dari kita mungkin paham, bagaimana makanan manis bisa menyebabkan gigi berlubang. Hal ini dikarenakan kuman dalam mulut yang kontak dengan air liur dan senyawa lain akan membentuk asam yang menyerang enamel gigi. Akibatnya, akan ada celah atau rongga di gigi.

Tapi sebenarnya ada cara mudah untuk mencegah gigi berlubang. Bahkan hal ini bisa Anda ajarkan pada anak, keponakan atau sepupu yang masih kecil. Berikut ulasannya, seperti dikutip Steptohealth, Kamis (16/11/2016):

1. Ganti permen dengan buah

Ajarkan anak-anak untuk membatasi konsumsi permen. Anda bisa menggantinya buah-buahan. Tapi yang penting, setelah mengonsumsi makanan manis, Anda harus menyikat gigi dan biasakan selalu melakukan floss. Bila sulit melakukannya, minimal Anda bisa membersihkan gigi dengan minum air putih.

2. Menyikat gigi secara rutin

Pertama-tama, Anda harus selalu sikat gigi minimal dua kali sehari (setelah sarapan dan sebelum tidur). Jika Anda bisa, sikat gigi juga setelah makan siang. 

3. Mengunyah dengan baik makanan Anda

Ketika Anda mengunyah makanan Anda dengan baik, Anda mencegah makanan terjebak di antara gigi Anda.

Kumur dengan lemon

4. Kumur dengan lemon

Tetesan lemon yang dicampurkan dalam air akan membersihkan gigi. Yang perlu Anda lakukan adalah berkumur dengan cairan ini setelah Anda menyikat gigi. PH dalam lemon akan membantu mencegah kerusakan enamel.

5. Minum air

Ya, cukup minum air bisa menghindari Anda dari gigi berlubang.

6. Mengonsumsi makanan kaya kalsium

Produk susu seperti susu dan yoghurt bukan satu-satunya sumber kalsium. Anda bisa mendapat kalsium dari sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan brokoli. 

7. Makan buah-buahan dan sayuran mentah

Buah dan sayuran mentah dikenal dapat membersihkan gigi, karena serat membantu menghilangkan kotoran dari makanan. Apel misalnya, buah ini sangat baik untuk mencegah kerusakan gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini