Cara Menjaga Porsi Makanan Agar Tidak Berlebihan dan Berat Turun

Oleh Tassa Marita Fitradayanti pada 15 Nov 2016, 02:20 WIB
Diperbarui 15 Nov 2016, 02:20 WIB

Liputan6.com, Jakarta Untuk menurunkan berat badan, umumnya seseorang harus mengurangi porsi makanan yang ia konsumsi. Memang kedengarannya mudah, tapi mungkin sulit dilakukan oleh beberapa orang.

Untuk mencapainya, berikut cara mudah yang akan membantu Anda makan dengan porsi lebih sedikit sehingga berat badan pun bisa turun, seperti dilansir dari Popsugar, Selasa (15/11/2016):

1. Duduk saat mau makan

Pastikan Anda memang benar-benar lapar dan langsung berhenti ketika 80 persen perut Anda mulai terasa penuh, mengapa begitu? Karena jika masih ada sedikit ruang pada perut, maka perut Anda tidak akan terasa kembung dan hal ini pun dapat membantu Anda makan kalori lebih sedikit.

2. Makan pelan-pelan

“Coba makan pelan-pelan dan fokus pada setiap gigitannya,” demikian saran dari ahli nutrisi Leslie Langevin. Ia lanjut menyarankan, bahkan Anda bisa mengambil waktu istirahat selama 10 menit di pertengahan aktivitas makan tersebut, untuk memutuskan apakah Anda harus melanjutkannya lagi atau tidak.

3. Benar-benar berhenti makan

Jika Anda sudah mencapai 80 persen, segera singkirkan makanan tersebut dari pandangan Anda, karena jika masih bisa melihat piring tersebut, ini akan mendorong Anda untuk mulai menyantap makanan lagi dan lagi. Sehingga tujuan Anda yang ingin mendapatkan badan ideal pun sulit dicapai. Lebih baik segara bungkus makanan tersebut dan letakkan di dalam lemari es untuk bisa dimakan nanti atau berikan pada teman Anda.