Sukses

Nonton Acara Memasak Ternyata Buruk Bagi Kesehatan

Walaupun menyenangkan, ternyata menonton program tayangan memasak tak selamanya baik untuk kesehatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda selalu menanti program-program memasak yang sedang marak belakangan ini? Menyenangkan bukan? Namun sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa program memasak di televisi bisa membahayakan kesehatan.

Program acara tersebut memiliki sejarah panjang terhadap pengajaran memasak dalam rumahtangga di Amerika Serikat. Namun studi melaporkan, acara memasak bisa membuat penurunan standar keamanan memasak. Hal ini terjadi jika para penonton lebih memilih mengikuti standar di TV dibanding standar yang sudah ditentukan oleh pihak berwenang. 

Acara memasak di TV memiliki standar keamanan yang rendah.

Para peneliti mencapai kesimpulan ini setelah membangun survei berisi 19 pertanyaan yang mengukur praktik higienitas pengolahan makan, penggunaan peralatan dan sarung tangan perlindungan terhadap kontaminasi, serta juga waktu memasak dan kontrol temperatur.

Dari situ, sebuah panel regulator negara bagian dan para praktisi keamanan makanan menonton 10 acara memasak yang popular dan berpartisipasi dalam melakukan penilaian tersebut. Setiap orang menyaksikan 2 hingga 6 episode per acara, dengan total 39 episode.

"Sangat banyak kesempatan pada acara memasak tersebut untuk mengedukasi publik tentang praktik menangani keamanan makanan dan membantu mengurangi penyakit bawaan dari makanan,” ujar pemimpin penelitian Nancy L. Cohen, dalam sebuah pernyataan. “Nutrisi dan pengedukasian keamanan makanan bisa bekerja dengan media untuk memproduksi acara yang mendemonstrasikan perilaku keamanan makanan yang positif. Acara itu juga bisa mengedukasi konsumen mengenai praktik keamanan makanan saat mereka mengadopsi resep tersebut.”

Wanita yang hobi mempraktekan resep dari acara memasak, BMI-nya lebih tinggi.

Acara memasak juga mendapat perhatian dari beberapa penelitian lainnya. Sebuah studi pada 2015 dari University of Vermont mengatakan, acara memasak di televisi bisa membuat para penontonnya mengalami peningkatan berat badan, yang tentunya buruk bagi kesehatan.

Medical Daily sebelumnya juga melaporkan, para peneliti menemukan wanita yang menyaksikan saluran makanan di televisi dan sering memasak menggunakan resep dari acara tersebut, mencetak angka peningkatan indeks massa tubuh lebih tinggi dari mereka yang memasak menggunakan resep dari keluarga, teman, media cetak, dan kelas memasak. 

Ada baiknya demi kesehatan, kurangilah kebiasaan Anda menonton program memasak, dan lebih baik belajar memasak langsung dari orang-orang terdekat Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.